• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Sabtu, 05 Maret 2011

    Soal Gaya Sentripetal


    1. Apakah ada gaya sentrifugal pada gerak melingkar ? buktikan bahwa jawaban anda benar ! (level 1)
    2. Gaya apa saja yang bekerja pada sebuah benda yang melakukan gerakan melingkar ? (level 1)
    3. Ketika mobil bergerak di tikungan, gaya sentripetal yang bekerja pada mobil adalah gaya gesekan antara permukaan roda dan permukaan jalan. Benar atau salah pernyataan ini ? Jelaskan ! (level 1)
    4. Besaran-besaran fisika apa saja-kah yang mempengaruhi nilai gaya sentripetal ? Jelaskan hubungannya (level 1)
    5. Sebuah bola bermassa 10 kg diikat pada salah satu ujung tali dan bola diputar horisontal. Jika panjang tali 1 meter dan bola tersebut berputar dengan percepatan 2 m/s2, tentukan besar gaya sentripetal ! (level 2)
    6. Sebuah mobil bergerak pada tikungan yang berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 20 meter. Jika mobil bergerak dengan kecepatan 40 km/jam dan pada mobil bekerja gaya sentripetal sebesar 5000 N, berapakah massa mobil tersebut ? (level 2)
    7. Sebuah benda diputar menggunakan tali pada bidang vertical seperti yang tampak pada gambar di bawah. Apakah besar gaya sentrifugal ketika benda berada di titik A = besar gaya sentrifugal ketika benda berada di titik A’ ? Jelaskan ! (level 3)
    8. Sebuah bola bermassa 2 kg diputar menggunakan tali pada bidang vertical seperti tampak pada gambar di atas. Diketahui panjang tali = 0,5 meter, kecepatan linear = 10 m/s dan percepatan gravitasi = 10 m/s2. Hitung besar gaya sentripetal pada titik A dan titik A’. (level 3)