• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Sabtu, 05 Maret 2011

    Soal Hukum Kepler


    1. Kemarin gurumuda ditanya seorang teman, apa yang dimaksudkan dengan geosentris dan heliosentris. Maukah dirimu membantu gurumuda menjawab pertanyaan tersebut ? (level 1)
    2. Ketika bangun tidur di pagi hari, matahari terbit di ufuk timur dan terbenam sore harinya di ufuk barat. Orang-orang yunani kuno percaya bahwa bumi adalah pusat alam semesta karena mereka melihat matahari atau bulan selalu bergerak, sedangkan bumi tidak bergerak. Bagaimana tanggapanmu ? (level 1)
    3. Siapakah yang pertama kali menyatakan bahwa matahari adalah pusat tata surya ? (level 1)
    4. Perihelion dan aphelion tu apa sich ? Bantu jawab dunk… (level 1)
    5. Hukum II Kepler menyatakan bahwa luas daerah yang disapu oleh garis antara matahari dengan planet adalah sama untuk setiap periode waktu yang sama. Maksudnya gimana sich ? tolong perjelas dunk… (level 2)
    6. Komet Halley tuch periodenya sekitar 76 tahun. Tolong dunk hitung jarak rata-rata komet Halley dari matahari ? (level 2)
    7. Jari-jari orbit bumi = 1,496 x 10^8 km dan jari-jari orbit Uranus = 2,87 x 10^12 m. Periode Uranus berapa ? (level 2) — (^ = pangkat)

    8. Jarak rata-rata mars dan matahari adalah 1,52 kali jarak rata-rata bumi dan matahari. Berapa lama waktu yang diperlukan mars untuk melakukan satu putaran mengelilingi matahari ? (level 3)
    Sebaiknya soal ini dikerjakan terlebih dahulu. Nanti jawabannya dikoreksi :)