• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Sabtu, 05 Maret 2011

    Soal Hukum Newton pada Bidang Datar dan Bidang Miring


    1. Sebuah kotak bermassa 10 kg bergerak pada bidang datar licin (tidak ada gaya gesekan) karena dipengaruhi oleh gaya sebesar 100 N. Berapa percepatan kotak tersebut ? (g = 10 m/s2) (level 2)
    2. Sebuah mobil mainan ditarik dengan tali oleh seorang anak kecil sepanjang lintasan lurus pada permukaan lantai (tanpa gesekan). Massa mobil mainan 10 kg dan sudut yang dibentuk tali dengan horisontal 30o. Jika mobil mainan bergerak dengan percepatan 1 m/s2, berapakah gaya total dan gaya normal yang bekerja pada mobil mainan ? (g = 10 m/s2) (level 2)
    3. Seorang buruh pelabuhan menarik sekarung beras bermassa 50 kg pada lantai kapal laut. Karung yang berisi beras tersebut bergerak dengan kecepatan tetap sejauh 2 meter selama 2 detik. Jika lantai kapal licin (tidak ada gaya gesekan), berapa gaya yang diberikan oleh buruh pelabuhan ? (level 2)
    4. Sebuah mobil mula-mula diam. Setelah 10 detik, mobil tersebut bergerak dengan kecepatan 20 m/s. jika massa mobil 500 kg, berapa gaya total yang dihasilkan mesin ? (abaikan gaya gesekan) (level 2)
    5. Sebuah gerobak sampah didorong oleh seorang pemulung sehingga gerobak tersebut bergerak dengan percepatan tetap 2 m/s2. Jika massa gerobak 10 kg dan gaya gesekan yang bekerja pada permukaan roda dan tanah bernilai 20 N, tentukan gaya total yang bekerja pada gerobak ! apakah gaya total tersebut = gaya yang diberikan pemulung ? jelaskan ! (level 2)
    6. Sebuah kotak yang beratnya 20 N didorong sepanjang lintasan lurus pada permukaan lantai kasar. Kotak yang pada mulanya diam, bergerak sejauh 10 meter selama 2 detik. Jika koofisien gesekan statis = 0,4 dan koofisien gesekan kinetis = 0,3, berapakah gaya total yang menggerakan kotak tersebut ? (g = 10 m/s2) (level 3)
    7. Sebuah balok diletakan pada bidang miring licin (tanpa gesekan), di mana sudut yang dibentuk antara bidang miring dan horizontal = 30o. Kemudian balok tersebut dilepaskan sehingga balok meluncur ke bawah akibat pengaruh gravitasi. Berapakah percepatan balok ? Hitung juga gaya normal yang bekerja pada balok ! (g = 10 m/s2) (level 3)
    8. Sebuah mobil sedang bergerak menuju puncak, di mana jalan yang dilalui mobil merupakan sebuah tanjakan dengan kemiringan 30o. Massa mobil = 500 kg, koofisien geesekan statis = 0,5 dan koofisien gesekan kinetis = 0,4. Berapakah gaya total minimum yang harus dihasilkan mesin agar mobil bisa bergerak dengan percepatan 10 m/s2 ? (g = 10 m/s2) (level 3)
    9. Sebuah sepeda motor dan pengendaranya sedang bergerak turun sepanjang jalan miring. Diketahui massa sepeda motor = 200 kg, massa pengendara = 50 kg, dan kemiringan jalan = 30o. Berapakah percepatan sepeda motor tersebut jika mesinnya tidak dinyalakan ? Seandainya sepeda motor ditumpangi pengendara dan pacarnya (massa pacar pengendara sepeda motor = 100 kg), apakah sepeda motor bertambah kencang atau bergerak makin lambat ? Abaikan gaya gesekan. (g = 10 m/s2) (level 3)
    10. Lanjutan dari soal nomor 9. Jika koofisien gesekan statis = 0,2 dan koofisien gesekan kinetis = 0,1 , berapakah gaya hambat minimum yang diperlukan (Dalam hal ini gaya yang dihasilkan melalui pengereman) agar sepeda motor bisa berhenti ? (level 3)