Tips Transfer Banyak File Ke Internet

Tips Transfer Banyak File Ke Internet:
Tips Transfer Banyak File Ke Internet
Kita sudah terbiasa mengirim file kecil ke teman kita menggunakan email dan instant messenger dan itu cukup mudah, tapi begitu kita mulai mencoba mengirim sesuatu secara masal kita akan mengalami kesulitan. Jadi bagaimana cara terbaik untuk mengirim file besar atau banyak file, atau bisa dikatakan banyak file besar? Berikut ini sedikit tips transfer banyak file ke internet, semoga bisa membantu Anda berbagi banyak file ke teman Anda.
Kompres File Anda

Kompres file adalah salah satu cara yang sering dilakukan, dengan mengompres file Anda akan mendapatkan satu file saja untuk dikirim tidak peduli berapa banyak file awalanya. Ditambah lagi ukuran file biasanya lebih kecil, sehingga akan mengurangi waktu untuk meng-upload dan men-download.

Kompresi dan dekompresi file membutuhkan waktu yang tergantung pada tingkat kompresi dan ukuran file. Sangat penting untuk menemukan keseimbangan antara kompresi dan kecepatan.

Bila Anda memiliki file yang sudah dalam format yang sangat terkompresi seperti foto dan video, Anda biasanya tidak akan menghemat banyak ruang dengan mengompresi mereka lebih lanjut. File lain seperti file data, BMP dan file teks dapat dikompres dengan sangat baik. Beberapa software kompresi akan benar-benar mendeteksi tingkat kompresi terbaik secara otomatis pada per basis file. Tapi kita harus hati-hati karena jenis kompresi tidak selalu diperkecil, audio dan file gambar mungkin memiliki kualitas yang secara permanen akan diturunkan dalam rangka untuk menghemat ruang. Untuk itu selalu cek pengaturan perangkat lunak kompresi Anda untuk memastikan hal ini tidak tidak terjadi.

Format ZIP biasanya mendukung di Windows dan Mac, namun performanya relatif buruk. Terutama dalam hal kecepatan dan kualitas kompresi oleh program kompresi yang lebih komprehensif. Berikut ini program kompresi yang sering digunakan:

1. WinRAR

Keseimbangan adalah kunci dan itulah yang ditawarkan oleh WinRAR. Format RAR yang hanya dapat mengambil tempat kedua untuk tingkat kompresi, tetapi cukup cepat dalam kompresi dan dekompresi file. Sayangnya aplikasi ini tidak gratis, Anda harus membelinya dengan harga $30 atau mendownload versi trialnya.

2. WinZIP

Sebagai perangkat lunak pengarsipan yang paling populer, WinZip melakukan pekerjaan kompresi yang sangat buruk. Format ZIPX bukan hanya yang paling lambat untuk memproses file, bahkan tidak akan menyusutkan file Anda lebih banyak daripada ZIP standar. Menggunakan format ZIPX juga bisa bermasalah karena penerima akan membutuhkan WinZip (atau salah satu dari tool zip yang mendukung) untuk membongkarnya. Bahkan jika Anda memiliki penerima WinZip, hal itu mungkin bukan versi yang tepat untuk membuka file.

3. 7zip

Dibandingkan WinRAR dan WinZip, 7zip adalah software kompresi yang unik, tidak hanya karena sederhana tapi juga gratis.Bila ikuran file sangat penting , 7zip adalah alat yang tepat. Format 7z menawarkan kompresi file terbaik dan hanya sedikit lebih lambat dibandingkan WinRAR.

Berbagi Melaui Cloud

Penyimpanan Cloud cukup populer beberapa tahun terakhir, dan itu cara terbaik untuk berbagi file digital. Berbagi foto adalah sesuatu yang biasa kita lakukan, menggunakan tool seperti Picasa atau Photobucket cukup baik untuk membagikan foto kenangan Anda. Bahkan Anda juga dapat berbagi foto melalui Facebbok. Berikut ini beberapa penyimpanan Cloud:

1. Dropbox

Jika Anda mencari media sharing yang gratis, Anda bisa memilih Dropbox. Menggunakan akun gratis di Dropbox Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan Cloud sebesar 2Gb. Anda dapat meng-upload berbagai macam file, termasuk dari desktop Anda. Selain ruang penyimpanan web, Dropbox juga memiliki beberapa tool yang berguna dan mudah digunakan. Perangkat IOS dan Android memiliki aplikasi yang tersedia untuk berbagi dan mengelola file langsung dari ponsel Anda atau tablet.

Jika Anda ingin berbagi file lebih dari 2GB, Dropbox menjual akun 50GB dan 100GB sebesar $10 dan $20 per bulan.

2. Google Docs

Google Docs tidak hanya untuk dokumen saja sekarang, bahkan batas file Google adalah 10GB. Sayangnya, akun gratis Google Docs terbatas untuk penyimpanan 1GB.

3. DIY Cloud Storage

Jika Anda cukup cerdas dan memiliki koneksi internet yang cukup cepat, Anda dapat membuat host server Cloud Anda sendiri dengan mudah dan efektif. Yang Anda butuhkan adalah router penyimpanan (seperti Netgear WNDR3700), harddisk eksternal dan hanya sedikit tahu soal jaringan.