Penamaan Molekul Organik (Lanjutan)

Halaman ini melanjutkan dari senyawa organik yang mengandung atom karbon. Diasumsikan anda telah mengerti tentang melihat halaman tentang alkana dan keton.This page continues looking at the names of organic compounds containing chains of carbon atoms. It assumes that you have already looked at the introductory page covering compounds from alkanes to ketones.
Tipe senyawa organik yang lain
Asam karboksilat
Asam karboksilat mengandung -COOH, yang lebih baik lagi ditulis secar penuh sebagai:
Asam karboksilat ditunjukkan dengan asam ….oik. Saat anda menghitung asam karbonnya jangan lupakan untuk menghitung karbon pada -COOH . Karbon itu selalu menjadi atom karbon nomor satu.
Contoh 1:  Tuliskan struktur formula untuk  Asam 3-metilbutanoik 
Ini merupakan asam dengan karbon empat tanpa ikatan rangkap. Ada ikatan metil pada karbon ketiga (-COOH  merupakan atom karbon nomor satu).
Contoh 2:  Tuliskan struktur formula unutk  Asam 2-hydroksipropanoic.
Hidroksi bagian dari nama diatas menunjukkan adanya -OH. Biasanya anda melihatnya dengan akhiran ol, Namun kali ini tidak karena adanya akhiran yang lain. Dan terpaksa dibuat cara alternatif untuk mendeskripsikannya.
Nama umum dari asam 2-hidroksipropanoik adalah asam laktat. Nama itu terdengar lebih umum, tapi jarang digunakan saat diharuskan menuliskan formulanya. 
Contoh 3:  Tuliskan struktur formula untuk Asam 2-Klorobut-3-enoik.
Kali ini, tidak hanya klorin yang terletak pada rantai, tapi rantai juga mengandung ikatan rangkap (en) mulai dari karbon nomor tiga.
  
Garam pada asam karboksilat
Contoh:  Tuliskan Struktur formula untuk  sodium propanoat.
Ini adalah garam sodium dari asam propanoik mulailah dari itu. Asam propanik adalah asam tiga karbon tanpa  ikatan karbon rangkap.
Saat membentuk garam, hidrogen pada- COOH digantikan eleh logam. Karena itu Sodium propanoat menjadi:
Perhatikan bahwa adanya ikatan ion antara sodium dan propanoat. Apapun yang anda lakukan jangan membuat garis ke arah oksigen.
Dalam versi yang lebih singkat, sodium propanoat ditulis sebagai CH3CH2COONa atau, jika anda ingin menekankan ikatan ionnya  CH3CH2COO- Na+.
Ester
Ester adalah satu dari senyawa yang dikenal secara kolektif sebagai asam derivatif. Pada jenis ini terjadi modifikasi asam. Pada ester hidrogen pada -COOH digantikan oleh alkil (atau mungkin hdirokarbon uang lebih kompleks). 
Contoh 1:  Tuliskan struktur formula untuk metil propanoat.
Penamaan ester memiliki dua bagian -bagian yang berasal dari asam (propanoat) dan bagian yang melambangkan golongan alkil (metil).
Mulai dengan memikirkan tentang asam propanoik -rantai tiga karbon tanpa ikatan rangkap..
Hidrogen pada -COOH digantikan oleh alkil, atau pada kasus ini- metil.
Nama esterm membingungkan sebab penamaannya dtulis terbalik dengan cara penggambarannya, Tidak ada cara untuk membaliknya anda harus membiasakannya.
IPada versi yang lebih pendek , formula ini juga bisa dituliskan sebagai CH3CH2COOCH3.
Contoh 2:  Tuliskan struktur formula dari Etil etanoat.
Hal ini mungkin contoh ester yang paling sering digunakan. Berdasar pada asam etanoik (–etanoat) asam dengan 2 karbon. Bagian hidrogen pada -COOH digantikan dengan etil.
Yakinkan bahwa anda menggambar etil dengan arah yang benar. Kesalahan yang fatal jika mencoba menggabungkan CH3 dengan oksigen. 
@
Asil klorida (Acyl Chloride)
Asil klorida adalah salah satu turunan asam. Pada kasus ini -OH dari asam diganti oleh -Cl. Semua Asil klorida mengandung =COCl:
Contoh:  Tuliskan struktur formula dariEtanoil klorida.
Asil klorida ditunjukkan dengan akhiran oil kloida. Jadi etanoil klorida berdasarkan pada rantai dua karbon tanpa ikatan rangkap dan -COCl. Karbon pada bagian itu tethitung sebagai bagian dari rantai. Pada rantai yang lebih panjang  karbon pada -COCl dihitung sebagai karbon nomor satu.
  
Asam Anhidrat
Didapat dari dehirasi asam -yitu dengan menghilangkan air dari asam.
Contoh:  Tuliskan Struktur formula untuk propanoik anhidrat.
Lebih mudah jika kita tuliskan sebagai berikut.
@ 
Amida
Masih turunan dari asam. Amida mengandung -CONH2 dimana -OH dari asam digantikan oleh –NH2.
Contoh:  Tuliskan Struktur formula untuk  propanamida.
Dengan dasar karbon rantai tiga tanpa ikatan rangkap dan -CONH2 pada ujungnya. Karbon pada -CONH2 dihitung sebagai bagian dari rantai.
  
Nitril
Nitril mengandung -CN dan juga disebut sebagai sianida. 
Contoh :  Tuliskan struktur formula untuk etannitril.
Nama tersebut menunjukkan ada rantai dua karbon tanpa ikatan rangkap. Nitril menunjukkan -CN pada ujung dari rantai. Seperti dalam contoh sebelumnya menyangkut asam dan turunannya, Jangan lupakan bahwa karbon pada -CN juga merupakan bagian dari rantai.
Nama lainnya adalah metil sianida. Anda mungkin mengangap itu lebih mudah -tetapi pada saat rantai menjadi lebih rumit, penamaan seperti itu tidak dapat dipakai.
Contoh 2: Tuliskan Struktur formula untuk 2-hydroksipropannitril.
Disini ada rantai tiga karbon tanpa ikatan rangkap dan -CN pada ujung dari rantai. Karbon pada -CN merupakan karbon nomor satu. Pada karbon nomor 2 terdapat -OH (hidroksi). 
  
Amina primer
Amina primer mengandung -NH2 terikat pada rantai atau cincin hidrokarbon. Anda dapat pikirkan amina sebagai turunan dari ammonia , NH3. Dalam amina primer, salah satu dari hidrogen diganti oleh hidrokarbon. 
Contoh 1:  Tuliskan struktur formula dari etilamin.
Dalam kasus ini, etil terikat pada -NH2 .
Nama ini (etilamin) tidak ada masalah selama tidak ada makna ambigu dari letak -NH2 . Namun seumpama anda mempunyai karbon rantai 3 -dalam kasus ini -NH2 bisa berada pada kedua ujung atau ditengah. 
Contoh 2:  Tuliskan struktur foemula untuk 2-aminopropan.
Nama menunjukkan rantai tiga karbon dengan amino terikat pada karbon ke dua. Amino menunjukkan -NH2 .
Etilamin (contoh1) bisa juga disebut sebagai aminoetan.
  
Amina sekunder dan tertier
Dalam amina sekunder dua dari hidrogen atom pada amonia digantikan dengan hidrokarbon. dan tiga hidrogen digantikan pada amina tertier.
Contoh 1:  Tuliskan struktur formula untuk dimetilamine.
Dalam kasus ini dua atom hidrogen digantikan dengan metil.
Contoh 2:  Tuliskan stuktur formula untuk trimetilamin.
Disini ada tiga hidrogen pada amonia yang digantikan dengan metil.
  
Asam amino
Sebuah asam amino mengandung amino , -NH2, dan asam karboksilat  -COOH, pada molekul yang sama. Karbon pada   -COOH menjadi atom karbon nomor 1.
Contoh:  Tuliskan struktur formula untuk  asam -aminopropanoik.
Ini merupakan rantai tiga karbon tanpa ikatan rangkap. Pada karbon kedua (dengan -COOH menjadi karbon nomor 1) terdapat amino, -NH2.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Penamaan Molekul Organik (Lanjutan) Bisa Bermanfaat untuk kita semua.