Cek Bos Tengah Laher Roda, Cegah Stabilitas Berkurang


Leher
roda oblak bukan cuma bikin kestabilan motor berkurang. Tapi, juga gampang mengkikis atau mengubah bentuk permukaan luar kanan-kiri bos tengah laher roda. Padahal peranti ini bisa dibilang paling jarang bermasalah, kecuali kalau lupa dipasang atau salah beli ukuran.

Penyebab bos laher tengah cepat rusak biasanya malas ngecek kondisi laher. Sehingga pada saat laher rusak dan belum diganti, poros dan ring dalam bantalan laher secara otomatis menekan kedua ujung bos tengah hingga membuat bentuk dan panjangnya berubah.

Kalau bentuk kedua ujung bos tengah tadi miring atau panjangnya berkurang, efek buruk yang paling terasa adalah roda tidak mau berputar saat mur as roda dikencangkan. Kalau diacuhkan biasanya laher roda cepat oblak dan bisa memperparah bos tengah.

Untuk itu segera atasi dengan lebih dulu mengganti bos tengah laher roda rusak dengan yang baru. Tapi, pastikan dulu bahwa diameter luar dan dalam bos leher serta panjang sesuai aslinya. Sebab bila ukuran panjang kurang selisih 0,5mm lebih aja as roda masih enggak mau berputar.

Selanjutnya adalah mengganti kedua laher roda bila oblak untuk memaksimalkan kerjanya. Baru deh kemudian as roda bisa dikencangan pakai kunci ring sesuai kekuatan moment yang diperlukan masing-masing mur as roda. Okeh.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Cek Bos Tengah Laher Roda, Cegah Stabilitas Berkurang Bisa Bermanfaat untuk kita semua.