Cara menampilkan posting yang berkaitan (Related Posts)

Related Posts atau biasa disebut "link yang bekaitan", "artikel pada kategori yang sama", "artikel yang bertautan", "postingan terkait" atau apa aja namanya, merupakan bagian judul posting terkait dan biasanya ditampilkan berdasarkan penamaan label (kategori), Realated Post ini biasanya berupa link yang tampilkan dibawah postingan tunggal tepatnya di bawah kolom komentar. Keuntungan dengan pemasangan post yang berkaitan tentu saja akan mempermudah pengunjung blog kita untuk menemukan artikel terkait tanpa harus menuju dan membuka satu persatu halaman dalam link label. Agar gak bingung lihat gambar dibawah ini:


Kayaknya gak usah dibahas panjang lebar ya, pasti rekan semua dah ngerti maksudnya. OK langsung aja ke proses pemasangan :)

Langkah I:

Masuk pada Template -> Edit HTML -> kemudian masukan kode javascript dibawah ini diantara kode .. atau lebih mudahnya cari kode saja, kemudian letakan kodenya diatas kode  -> jangan lupa disimpan



Langkah II:

Masuk pada Template -> Edit HTML -> jangan lupa beri tanda centang pada Expand Widget Template -> cari kode dibawah ini.

    
         
         
            ,
         

       


Jika sudah ketemu, masukan kode berwarna merah dibawah diantara kode diatas.

    
         
         
            ,




Langkah IV:

Agar related post ini tidak tampil pada halaman utama dan hanya tampil pada halaman posting tunggal maka kita perlu penambahan beberapa kode, caranya:
Masuk pada Template -> Edit HTML -> jangan lupa beri tanda centang pada Expand Widget Template -> cari kode dibawah ini, sebisanya cari sesuai dengan title yang kita masukan, sebagai contoh, tadi saya memberi mana dengan  Artikel pada kategori yang sama, jika sudah ditemukan masukan ke dua kode berwarna merah dibawah.
Catatan: dibawah ini ada kode HTML13 ini jangan dijadikan patokan pencarian, sebaiknya abaikan saja karena setiap elemen pasti berbeda-beda, cukup cari title saja.





 
 
   


 
 

   
 


 




Selamat mencoba, Happy Blogging :)

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Cara menampilkan posting yang berkaitan (Related Posts) Bisa Bermanfaat untuk kita semua.