(Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 3

(Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 3:


FILE DAN DIREKTORI


melanjutkan pembahasan kita tempo hari , sekarang kita akan mulai masuk ke command yang sesungguhnya….

Berikut ini adalah perintah dasar untuk melakukan navigasi dan management file serta direktori melalui command line interface. Setelah membaca bagian ini, diharapkan Anda bisa melakukan operasi copy, paste, pindah direktori, melihat isi direktori, menghapus file dan lain sebagainya menggunakan baris perintah khususnya melalui terminal.

A. cd ( pindah direktori)

Seperti yang telah sedikit kita bahas sebelumnya saat Anda membuka aplikasi terminal, secara otomatis Anda akan dibawa ke direktori /home/<username Anda> (~). Direktory ini bukanlah harga mati, karena Anda masih bisa berpindah ke direktori lainnya. Untuk melakukan perpindahan direktori (seperti yang saya lakukan pada 2 teka-teki untuk Anda diatas) gunakan perintah

cd (direktori yang Anda inginkan)

Misalkan dari direktori sekarang ini Anda ingin berpindah ke direktori /home//Documents (~/Documents), maka perintah yang harus Anda ketikkan adalah


Jika sudah tekan tombol [ENTER] keyboard Anda, dan hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



Jika Anda ingin berpindah kedirektori lainnya di luar direktori ~ , gampang aja. Anda tinggal mengetikan cd kemudian path direktori yang ingin Anda tuju. Misalkan Anda ingin berpindah ke direktori media, maka path untuk direktori media adalah /media. Perintah yang Anda ketikkan adalah :

cd /media

Perhatikan hasilnya.



Kembali ke direktori ~

Gampang, ketikkan saja cd lalu tekan [ENTER]. Anda akan dibawa kembali ke direktori home Anda atau Anda juga bisa menggunakan perintah :

cd ~

pindah ke direktori satu level ke atas (up)

cd ..

kembali ke direktori sebelumnya (back)

cd -

pindah ke multiple direktori sekaligus

Jika Anda ingin pindah ke sebuah subdirektori, Anda tidak perlu melakukan cd berulang-ulang, cukup sekali saja. Anda tinggal mengetikan path direktori yang ingin Anda tuju. Misalnya Anda ingin masuk ke direktori Document > Kerja > Laporan, Anda tidak perlu menggunakan perintah cd Document, kemudian cd Kerja , lalu terakhir cd Laporan, capeek tau…Anda cukup mengetikan cd kemudian ketikkan path nya (contoh diatas pathnya adalah Documents/Kerja/Laporan)



Jika direktori yang Anda tuju diluar direktori ~ , Anda perlu menambahkan simbol / (root), diawal penulisan path. Misalnya Anda ingin pindah ke direktori usr > share. Maka path dan command yang harus Anda ketikkan adalah



Pindah ke Desktop

cd ~/Desktop

Penulisan command dan path bersifat case sensitive, jadi perhatikan penulisan huruf besar dan kecilnya

demikian semoga bermanfaat, ada yang bingung..?? layangkan pertanyaan via komen di bawah, jangan lupa klik RSS feed untuk berlengganan artikel-artkel keren lainnya, Bersambung ya…:)

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel (Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 3 Bisa Bermanfaat untuk kita semua.