(Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 2

(Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 2:
oke, lanjutan dari pembelajaran kemarin, sekarang kita hanya akan membahas command-command dasarnya saja ya, dan saya rasa itu juga sudah cukup sebagai bekal Anda untuk melakukan banyak hal. Oke langsung saja. Akses terminal (Application > Accessories > Terminal). Jendela terminal Anda akan ditampilkan seperti gambar



Didalam terminal ini terdapat text bertuliskan eri@eri-desktop:~$. Apa nih artinya ?

eri : Merupakan username yang Anda gunakan untuk login ke Ubuntu. Jika username Anda budi misalnya, maka nama yang tertera disana ya budi..

eri-desktop : Nama PC tempat Anda log-in. Nama PC yang Anda buat saat menginstal Ubuntu.

~ : Lambang ~ menunjukkan direktori tempat kita berada. Lambang ~ merupakan simbol dari direktori /home/<user name Anda>, jadi pada gambar diatas artinya sekarang direktori yang sedang aktif pada terminal adalah /home/eri (ya karena username yang saya gunakan untuk login adalah eri).

Sekarang saya ada pertanyaan untuk Anda. Jika pada terminal saya sekarang menunjukan text seperti gambar dibawah, berada di direktori manakah saya sekarang?



Anda memang pinter ! Yup sekarang saya memang sedang berada di direktori /home/eri/Documents, karena lambang ~ sudah menyatakan direktori /home/eri

Satu lagi ya……direktori manakah yang sedang aktif pada terminal pada gambar dibawah..??




Direktori /home/eri/media ? jika itu jawaban Anda, maaf Anda salah! jawaban yang benar adalah saya sekarang berada di direktori /media. Loh kenapa? Coba Anda perhatikan lagi apakah ada tanda ~ disana ? Gak ada kan ? Maka dari itu direktori aktifnya langsung mengarah ke /media. Saya yakin Anda sudah paham banget sekarang.

$ : Ini artinya bukan duit loh…..lambang dolar ($) pada terminal menunjukan bahwa kita sedang login menggunakan user dengan level autentifikasi user biasa. Walaupun username tersebut mempunyai hak akses administrator tapi setiap kali Anda masuk ke terminal Anda tetap login sebagai user biasa. Anda harus memasukkan password untuk menggunakan hak administrator dan ketika Anda sudah masuk dan memiliki hak akses admin maka lambang $ akan berubah menjadi #


Untuk selanjutnya direktori /home/<username Anda> akan saya singkat menjadi simbol ~.

oke sampe disini aja dulu ya…bersambung….:)

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel (Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 2 Bisa Bermanfaat untuk kita semua.