Sistem Keamanan Jaringan Web

Keamanan suatu website atau web security systemem merupakan salah satu prioritas yang sangat utama bagi seorang webmaster. Jika seorang webmaster mengabaikan keamanan suatu website, maka seorang hacker dapat mengambil data-data penting pada suatu website dan bahkan pula dapat mengacak-acak tampilan website(deface) tersebut. Tentunya ada beberapa metode penyerangan yang dilakukan oleh Hacker berikut yang tentunya dari celah ini dapat kita proteksi dengan berbagai langkah keamanan.


Metode Penyerangan

Berikut adalah beberapa metode yang biasa sering digunakan para hacker untuk menyerang suatu website:

1.Remote File Inclusion (RFI)
2.Local File Inclusion (LFI)
3.SQL injection
4.Cross Site Scripting (XSS)

Remote File Inclusion (RFI)

1. Metode yang memanfaatkan kelemahan script PHP include(),yang variabel nya tidak dideklarasikan dengan Sempurna.
2. Dengan RFI seorang attacker dapat menginclude kan file yang berada di luar server yang bersangkutan.

Local File Inclusion (LFI)

1. Metode yang memanfaatkan kelemahan script PHP include(), include_once(), require(), require_once() yang variabel nya tidak dideklarasikan dengan sempurna.
2. Dengan LFI seorang attacker dapat menginclude kan file yang berada di dalam server yang bersangkutan.

SQL injection

SQL injection adalah teknik yang memanfaatkan kesalahan penulisan query SQL pada suatu website sehingga seorang hacker bisa menginsert beberapa SQL statement ke ‘query’ dengan cara memanipulasi data input ke aplikasi tersebut.

Cross Site Scripting (XSS)

XSS dikenal juga dengan CSS adalah singkatan dari Cross Site Scripting.XSS adalah suatu metode memasukan code atau script HTML kedalam suatu website yang dijalankan melalui browser di client.

Tips Keamanan Website

Ada beberapa cara supaya website kita tidak mudah disusupi oleh para hacker, sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan website, antara lain:

1. Jika anda menggunakan suatu CMS seperti joomla, phpbb, phpnuke, wordpress dan sebagainya, rajinlah mengupdate CMS anda dengan CMS terbaru jika muncul versi yang lebih baru.
2. Kunjungilah situs-situs yang membahas tentang keamanan aplikasi web seperti : www.milw0rm.com, www.securityfocus.com atau www.packetstormsecurity.org untuk mendapatkan informasi tentang bug terbaru.
3. Sewalah seorang yang ahli tentang keamanan website untuk menganalisis keamanan website anda.
4 Gunakanlah software seperti Acunetix untuk melakukan scanning atas kelemahan yang bisa terjadi di website anda

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Sistem Keamanan Jaringan Web Bisa Bermanfaat untuk kita semua.