• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Senin, 05 September 2011

    Plugins VST gratis terbaik yang dapat di download di internet

    Saat ini diinternet banyak sekali dibanjiri plugins VST yang dapat didownload free alias gratis, Anda akan menemukan plugins intrument, efek, dan lain-lain. Namun dari begitu banyaknya software atau plugins VST free / gratis yang ada, tentunya kita dapat memilah mana yang benar-benar dibutuhkan dan tentunya terbaik. Walaupun dengan mendownload plugins VST gratis tersebut anda tidak akan mengeluarkan biaya (dalam arti yang sesungguhnya), namun banyak waktu dan tenaga yang terbuang apabila anda mendownload dan mencoba satu persatu seluruh plugins VST gratis yang ada.

    Nah oleh karena itu, saya menyusun daftar plugins VST gratis (yang menurut saya) terbaik saat ini. Perhitungan mundur ini berdasarkan pendapat sendiri, jika ada plugins VST lain yang menurut anda pantas di list atau berada di daftar, silahkan berkomentar di kotak komentar dibawah, nanti saya akan meng-update-nya :). Oh iya beberapa plugins ini ada yang sudah saya coba, dan beberapa yang lainnya saya dapatkan dari beberapa sumber di internet :D


    13. Kjaerhus Audio Classic effects

    Walaupun Kjaerhus Audio tidak lagi sebagai sebuah perusahaan, tetapi banyak sekali yang menyukai plugins gratis Classic effects dari Kjaerhus Audio ini yang dapat didownload di tempat lain (karena web Kjaerhus Audio udah mati)

    Banyak sekali produser/sound engineer yang menggunakan plugins gratis ini, salah satu nya adalah saya hehe. Di Kjaerhus Audio Classic effects anda akan menemukan plugins compressor, EQ, Reverb, Master Limiter, Delay, Chorus, Auto-Filter, Flanger dan Phaser. Jadi istilahnya Kjaerhus Audio Classic effects itu adalah sebuah gabungan atau bundel plugins-plugins yang saya sebutkan diatas :)

    anda dapat mendownloadnya di
    http://www.brothersoft.com/publisher/kjaerhus-audio.html


    12. Togu Audio Line TAL effects

    Saya lebih condong sering memakai  vocoder, dub delay dan bitcrusher di software dari Togu Audio Line / TAL ini. Namun software-software gratis yang lainnya juga sangat recommended untuk dipakai.

    anda dapat mendownloadnya di
    http://kunz.corrupt.ch/?Products

    11. SimulAnalog Guitar Suite

    Pernah mendengar kalimat "Don't judge a book by its cover"?. Kalimat itulah yang harus digunakan untuk software / plugins gratis Guitar Amp/Effect Collection ini. Tampilan atau interface dari plugins gratis Guitar Amp/Effect Collection ini malah seperti "tidak ada" (bahasa lembutnya dari buruk). Namun suara yang dihasilkan sangat luar biasa dan mengesankan. Bahkan untuk meniru suara guitar Jimmy Hendrix.

    Suite Gitar sebenarnya sebuah proyek penelitian akademik. Fitur yang ada di SimulAnalog Guitar Suite adalah dua ampli dan lima stompboxes.

    anda dapat mendownloadnya di
    http://www.simulanalog.org/guitarsuite.htm

    10. NUSofting daHornet

    Mencari software atau plugins VSTi synth gratis yang bagus? mungkin NUSofting daHornet adalah jawabannya. daHornet adalah plugins VST instrument yang dibuat oleh NUSofting. Nih saya ambil dari webnya (maunya sih di terjemahin, tapi takut salah :p )

    "It's (NUSofting daHornet) based on the Electronic Dream Plant Wasp, a cult hardware favourite, and offers warm and squelchy filters, unusual envelopes and an authentic analogue sound."

    NUSofting daHornet dapat didownload di
    http://nusofting.liqihsynth.com/freeplugins.html

    9. Yellow Tools Independence Free
    Independence Free dilengkapi dengan semua fitur canggih dari Independence Sampler (dengan beberapa keterbatasan). Interface yang userfriendly, manajemen file yang powerful, integrasi streaming yang sangat cepat, Auto-RAM-Cleaner, Drag'n'Drop memungkinkan Anda untuk menggunakan sampler instrument yang tidak terbatas dalam hitungan detik.

    Independence Free dilengkapi dengan 2 GB sound library instrumen premium terpilih dari Independence Core Library, termasuk Acoustic & Electronic Drum Kits, Acoustic & Electric Basses, Acoustic & Electric Guitars, Electric Pianos, Synthesizers, Ethno & Tonal Percussion, World Percussion, Pipe Organ, Arpeggiator, Groove Instruments, Arranger dan Step Sequencer patches.

    Download Yellow Tools Independence Free di
    http://www.kvraudio.com/db/independence_free_by_yellow_tools


    8. Voxengo SPAN free

    Voxengo SPAN adalah pluging real-time “fast Fourier transform” audio spectrum analyzer. Saat dipakai, plugins Voxengo SPAN tidak menghasilkan (produce) suara noise, ataupun mengubah suara (colorizing) dari suara / sound yang ada.

    Applications
    • Fast Fourier transform spectrum analyzer
    • Stereo, mid-side, 5.1 spectrum analyzer
    • Stereo correlation meter
    • K level meter
    Download Voxengo SPAN free di
    http://www.voxengo.com/product/span/


    7. Native Instruments Kore 2 Player/Kontakt 4 Player

    Mungkin anda tidak akan asing mendengar kata Native Instruments. Yup, Native Instruments adalah salah satu perusahaan yang membuat beberapa plugins berbayar terbaik saat ini. Namun diluar itu, Native Instruments ternyata mempunyai dua produk yang dapat di download dengan gratis. Kedua produk itu adalah Kore 2 Player dan Kontakt 4 Player.

    Beberapa quotes:
    "Kore 2 Player can host the many Kore 2 instruments that are available, but also comes with 150 (400MB) instrument and effect patches to get you started. Kontakt 4 Player does the same for Kontakt 4 libraries, but can be filled up for free with the Kontakt 4 Factory Selection, which contains 50 instruments."

    Download Native Instruments Kore 2 Player di
    http://co.native-instruments.com/index.php?id=koreplayerdl

    Download Native Instruments Kontakt 4 Player di
    http://www.native-instruments.com/#/en/products/producer/kontakt-player/?page=781

    Mau gratisan yang lain dari Native Instruments?
    Guitar rig 4 player dapat di download di
    http://www.native-instruments.com/#/en/products/producer/guitar-rig-4-player/

    Reaktor 5 player
    http://www.native-instruments.com/#/en/products/producer/reaktor-5-player/