Cara memperbaiki Windows yang tidak bisa masuk ke Safe Mode

Pilihan Safe mode di windows kadang sangat berguna jikalau windwosnya tidak bisa booting atau start dengan normal seperti biasanya dan diperlukan start dalam safe mode. untuk dapat booting ke safe mode, biasanya dengan menekan tombol F8 pada saat windows mulai start, safe mode ini dijalankan dengan driver dan sistem servis seminimal mungkin oleh sistem operasi windows.
Akan tetapi kadang kita malah tidak bisa booting dalam safe mode ini, dikarenakan oleh sistem file yang rusak atau karena sudah terinfeksi oleh virus sebelumnya. Berikut langkah2 untuk memperbaiki masalah windows yang tidak bisa boot ke safe mode:
  1. Cobalah memakai System Restore untuk mengembalikan settingan asal yang sudah dibuat oleh system restore.
  2. Ketik sfc /scannow di command prompt (jalankan dlm hak akses administrator) untuk menjalankan System File Checker. Proses ini biasanya agak lama, ambil rokok atau buat kopi dulu yah sambil nunggunya, setelah selesai coba restart windows nya dan lihat apakah masalah sudah bisa diatasi.
  3. Coba jalankan msconfig ( ketik di kotak start windows 7 ) untuk membuka System Configuration utility. Dibawah tab “Boot” conteng “Safe boot” dan pilih opsi minimal, coba restart windows 7 kita, dan kalau sudah selesai memakai windows dalam safe mode, buka kembali msconfig tadi dan matikan contengan “Safe boot”.

  4. Dengan catatan: langkah ini akan memaksa windows booting dalam safe mode, kemungkinan komputer kita akan restart dan restart lagi dan tidak dapat masuk ke safe mode windows, jadi jalankan langkah ini dalam pilihan terakhir.
  5. Bisa juga dengan memakai Perangkat lunak gratisan yang bernama SMFixer ( safe mode fixer ) yang mengjanjikan kita untuk bisa memperbaki windows yang tidak bisa booting ke safe mode!. Cukup download dan jalankan program berukuran kecil ini
Download SMFixer Disini.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Cara memperbaiki Windows yang tidak bisa masuk ke Safe Mode Bisa Bermanfaat untuk kita semua.