Cara Bikin Bakso Daging Sapi

Bakso daging sapi digemari oleh semua kalangan, karena kelezatannya dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh karena kaya protein. Untuk mendapatkanya anda tidak harus membeli tapi bisa membuat sendiri.
Resep dasar bakso sapi:
Bahan :
300 gr daging sapi segar, sdt garam, 2 siung bawang putih, cincang halus, sdt merica bubuk, 1-2 sdm tepung kanji, 1 putih telur
Pilihlah daging sapi segar, masih berdarah, bebas urat, sedikit lemak. Untuk bikin bakso urat, anda bisa pilih daging bagian sengkel. Intinya makin segar makin baik, karena akan meghasilkan bakso yang kualitasnya lebih bagus.
Proses bikin bakso
Membuat adonan
Untuk membuat adonan bakso, potong daging kecil-kecil, cincang halus dengan food processor atau blender atau pisau tajam. Haluskan daging, diberi es batu atau air es (10-15% dari berat daging) dan sedikit garam (dan bumbu lain) sehingga menjadi adonan lentur sehingga mudah dibentuk.
Tambahkan tepung kanji agar adonan lebih erat terikat, cukup 15-20% dari berat daging. Bahan lain yang dapat dipadukan dengan daging misalnya putih telur, tepung panir, biscuit keju atau biscuit asin lainnya, soun, tahu, daun bawang, bawang Bombay, dll.
Membentuk adonan
Anda bisa langsung membentuk bakso dengan menggunakan 2 buah sendok dengan cara  Ambil adonan dengan sendok, lalu bentuklah bulat dengan bantuan sendok yang satu lagi. Selain sendok anda juga bisa menggunakan tangan.
Agar adonan tidak lengket maka oleskan sedikit minyak goreng pada telapak tangan Anda. Hasilnya sebaiknya langsung direbus atau masukkan ke dalam air mendidih hingga matang. Apabila bola-bola bakso mengapung di permukaan airmaka itu tanda usdah matang. Jadi bakso direbus 10-15 menit saja, setelah diangkat, tiriskan, lalu dinginkan dengan suhu ruang saja beberapa saat.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Cara Bikin Bakso Daging Sapi Bisa Bermanfaat untuk kita semua.