Penggunaan Differensial
Matematika Kelas 1 > Fungsi Kuadrat
Ada dua persamaan garis singgung Bila titiknya tidak terletak pada parabola, maka gradiennya dimisalkan dengan m dan persamaan garisnya : y - y1 = m (x - x1 ) disinggungkan dengan parabola y = aX² + bx + c dengan syarat D = 0
Garis Lurus dan Parabola
Matematika Kelas 1 > Fungsi Kuadrat
Misalkan :
Garis lurus : y = mx + n ...(1)
Parabola : y = ax² + bx + c ... (2)
Koordinat titik potong garis lurus dan parabola di atas merupakan nilai x dan y yang memenuhi persamaan (1) dan (2).
Didapat : mx + n = ax² + bx + c
ax² + (b - m)x + ( c - n ) = 0 ® merupakan Persamaan Kuadrat dalam x.
KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN
Pada umumnya grafik suatu fungsi kuadrat y = ax² + bx + c akan tertentu jika diketahui 3 titik yang dilaluinya. Hal khusus jika melalui titik puncak, cukup diketahui melalui 2 titik saja.
Ket:
Dengan mensubstitusi titik-titik yang dilalui dan menyelesaikan persamaannya maka nilai a, b dan c yang dibutuhkan dapat dicari, sehingga fungsi kuadrat yang dimaksud dapat ditentukan.
Matematika Kelas 1 > Fungsi Kuadrat
Untuk menentukan koefisien arah garis singgung (gradien) di titik (x1,y1) pada grafik y = f (x)
m= f'(x1)
f'(x1) berarti nilai turunan f(x) pada titik dengan absis x = x1
Persamaan garis singgung y - f(x1) = f '(x1) (x - x1)
Keterangan : Untuk titik yang tidak terletak pada parabola.
Persamaan garis singgung y - f(x1) = f '(x1) (x - x1)
Keterangan : Untuk titik yang tidak terletak pada parabola.
Ada dua persamaan garis singgung
Garis Lurus dan Parabola
Matematika Kelas 1 > Fungsi Kuadrat
Misalkan :
Garis lurus : y = mx + n ...(1)
Parabola : y = ax² + bx + c ... (2)
Koordinat titik potong garis lurus dan parabola di atas merupakan nilai x dan y yang memenuhi persamaan (1) dan (2).
Didapat : mx + n = ax² + bx + c
ax² + (b - m)x + ( c - n ) = 0 ® merupakan Persamaan Kuadrat dalam x.
KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN
Diskriminan | Akar PK | Garis dan Parabola | |
D > 0 | 2 akar berlainan | Berpotongan di 2 titik | |
D = 0 | Akar kembar | bersinggungan | |
D < 0 | Tidak ada akar riil | Tidak ada titik potong |
Menentukan Fungsi Kuadrat Matematika Kelas 1 >Fungsi Kuadrat |
Pada umumnya grafik suatu fungsi kuadrat y = ax² + bx + c akan tertentu jika diketahui 3 titik yang dilaluinya. Hal khusus jika melalui titik puncak, cukup diketahui melalui 2 titik saja.
diketahui melalui | misalkan fungsi |
1)Tiga titik sembarang (x1,y1) ; (x2,y2) dan (x3,y3) | y = ax² + bx + c (a = ? ; b=? ; c = ?) |
2) Titik potong dengan sumbu x (x1,0) ; (x2,0) serta sebuah titik sembarang (x3,y3) | y = a (x - x1) (x - X2) ( a = ? ) |
3) Titik Puncak (xp, yp) dan sebuah titik sembarang (X2,Y2) | Y = a (x - xp)² + yp ( a = ? ) |
Ket:
Dengan mensubstitusi titik-titik yang dilalui dan menyelesaikan persamaannya maka nilai a, b dan c yang dibutuhkan dapat dicari, sehingga fungsi kuadrat yang dimaksud dapat ditentukan.
Nilai Ekstrim Matematika Kelas 1 >Fungsi Kuadrat | 390 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
BENTUK UMUM Ket: : Fungsi kuadrat mempunyai nilai ekstrim, maksimum atau minimum tergantung dari nilai a.y = f(x) = ax2 + bx + c x variabel bebas; y variabel tak bebas; a,b,c konstanta ; a ¹ 0 NILAI EKSTRIM Bentuk y = ax² + bx + c dapat ditulis menjadi y = a(x+b/2a)² - D/4a Dapat disimpulkan : y ekstrim = -D/4a yang dicapai bila x = -b/2a Dapat disimpulkan : y = a(x - x ekstrim)² + y ekstrim Tanda dari a
Grafik fungsi kuadrat adalah sebuah PARABOLA. Untuk melukiskannya harus diperhatikan 1) TITIK POTONG DENGAN SUMBU-X y=O ® ax²+ bx + c = 0 (bentuk Persamaan Kuadrat) KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN
2) TITIK POTONG DENGAN SUMBU-Y x=0 ® y=c ® (0, c) KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN
3. SUMBU SIMETRI (Garis sejajar sumbu-y yang menjadikan parabola simetris). Persamaan sumbu simetri x = -b/2a 4. TITIK PUNCAK Puncak (-b/2a , -D/4a) 5. UNTUK MELENGKAPI GRAFIK, DIAMBIL BEBERAPA NILAI X DAN Y SECUKUPNYA KOMBINASI TANDA a dan D
Untuk D < 0 dan a > 0 Grafik selalu berada di atas sumbu x. (fungsi selalu bernilai positip / DEFINIT POSITIF). Untuk D < 0 dan a < 0 Grafik selalu berada di bawah sumbu x. (fungsi selalu bernilai negatip l DEFINIT NEGATIP). |