Mengenal Bisnis Online bersama Cafebisnis

Apa itu Bisnis Online

Saya kurang pandai kalau disuruh buat diskripsi. Saya ini orang teknik, jadi bikin diskripsipun pakai bahasa teknis. Bisnis Online menurut saya adalah Bisnis apapun itu yang dijalankan melalui Internet (Online). Maka bisnis online maknanya bisa sangat luas sekali. Sebuah bisnis yang dijalankan secara offline misalnya membuka toko kelontong, toko mebel, toko baju, dll bisa jadi bisnis online apabila tokonya dibuka di internet.
Bisnis Online sendiri ada beberapa jenis:
  1. Online to Online : Maksudnya bisnis online yang dijalankan secara online juga. Contohnya jualan domain dan hosting, jualan ebook, jualan jasa-jasa seperti web design, SEO service, dll.
  2. Online to Offline : Maksudnya bisnis online yang kemudian dijalankan secara offline. Contohnya: Seminar-seminar bisnis online, kursus web design, pelatihan SEO, dll.
  3. Offline to Online : Maksudnya bisnis online yang sebenarnya dijalankan secara offline tapi kemudian dipromosikan melalui media online. Contohnya toko-toko online yang menjual barang fisik. Seperti toko kaos online, toko mebel online, dll.
Sementara itu berdasarkan peran para pelakunya, saya membagi bisnis online dalam 3 pihak:
  1. Owner : adalah pemilik produk atau jasa.
  2. Marketer : adalah para ahli pemasar produk yang tidak memiliki produk sendiri
  3. Publisher: adalah para pemilik web yang menyediakan ruang bagi promosi produk.

Mana yang cocok dengan anda?

Saya sering dapat pertanyaan seperti ini "Bisnis Online yang cocok buat saya apa ya mas?". Pertanyaan yang menurut saya aneh. Lha siapa anda, kemampuan anda apa, kelemahan anda dimana, pengalaman anda apa aja saya nggak pernah tahu. Coba anda pikirkan kembali. Bukankah pertanyaan itu sama dengan pertanyaan seperti ini:
Mbah... saya lahir hari Senin Pon, pekerjaan yang cocok dengan saya apa ya?
Pernah dengar kata-kata itu? Dengan anda bertanya apa bisnis yang cocok dengan saya, Itu sama aja anda menganggap saya dukun. Trus harusnya bagaimana?
InsyaaLlah di bab selanjutnya saya akan tunjukkan bagaimana memilih bisnis yang cocok dengan anda. Tapi yang bisa memberikan jawaban akhirnya tentu anda sendiri dong, bukan orang lain.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Mengenal Bisnis Online bersama Cafebisnis Bisa Bermanfaat untuk kita semua.