Thalamus

Thalamus adalah struktur simetris garis tengah dipasangkan dalam otak vertebrata, termasuk manusia. Hal ini terletak antara korteks serebral dan otak tengah, baik dari segi lokasi dan koneksi saraf.
Fungsinya mencakup sensasi menyampaikan, rasa khusus dan sinyal motor ke korteks serebral, bersama dengan peraturan kesadaran, tidur dan kewaspadaan.
Brain regions
Otak daerah
Thalamus mengelilingi ventrikel ketiga. Ini adalah produk utama dari diencephalon embrio.
Thalamus adalah struktur terbesar di diencephalon, bagian dari otak yang terletak antara otak tengah (mesencephalon) dan otak depan (telencephalon).
Secara anatomis, thalamus bertengger di atas batang otak, dekat pusat otak, dalam posisi untuk mengirimkan serabut saraf ke korteks serebral di segala penjuru.
Diencephalon termasuk juga epithalamus terletak dorsal (dasarnya habenula dan lampiran) dan perithalamus (prethalamus sebelumnya digambarkan sebagai ventral talamus) yang berisi incerta zona dan "inti retikular" (tidak retikuler, istilah kebingungan).
Karena asal-usul mereka yang berbeda ontogenetik, epithalamus dan perithalamus yang secara formal dibedakan dari talamus yang tepat.
Pada manusia, dua bagian thalamus yang menonjol berbentuk bola massa, sekitar 5,7 cm, terletak miring (sekitar 30 °) dan simetris pada setiap sisi dari ventrikel ketiga.
Thalamus terdiri dari sistem lamel (dibuat dari serat myelinated) memisahkan subparts thalamic berbeda.
Daerah lain didefinisikan oleh kelompok-kelompok yang berbeda dari neuron, seperti abu-abu periventrikular, unsur-unsur intralaminar, yang "limitans inti", dan lain-lain.
Struktur ini yang terakhir, yang berbeda dalam struktur dari bagian utama dari thalamus, telah dikelompokkan bersama ke dalam''''allothalamus sebagai lawan dari isothalamus''''. Pembedaan ini menyederhanakan deskripsi global thalamus.
Thalamus suplai darah berasal dari sejumlah arteri termasuk arteri kutub dan paramedian, inferolateral (thalamogeniculate) arteri, dan posterior (medial dan lateral) Choroidal arteri. Ini semua adalah cabang dari arteri serebral posterior.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Thalamus Bisa Bermanfaat untuk kita semua.