Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan di dalam melakukan pemasaran, diantaranya :
- Menentukan Ide. Ide merupakan dasar dari sebuah metode pemasaran, menentukan ide sangat penting sebelum melakukan pemasaran, baik secara Online maupun secara Offline.
- Memahami Produk atau Jasa yang akan ditawarkan. dalam kasus ini, seorang pemasar harus memahami produk ataupun jasa yang akan ia tawarkan, agar nantinya tidak grogi didalam menjelaskan tentang produk ataupun jasa kepada calon konsumen.
- Melakukan Riset. Melakukan riset adalah menentukan sasaran konsumen. Dalam hal ini, seorang pemasar harus memahami target Konsumen. Apakah itu Anak-anak, Remaja, ataukah Dewasa? Jadi, tidak bisa disebut kalau calon konsumen kita adalah semua orang.
- Melakukan Promosi, Didalam melakukan Promosi, banyak sekali cara yang dapat kita jalani baik secara Online Maupun secara Offline. Contoh Promosi secara Online diantaranya : Melalui iklan baik Free Maupun Premium, Membuat sebuah Website, Membuka Sistem Affiliate, Melalui Jejaring Sosial, dll. Sedangkan Contoh Pemasaran secara Offline diantaranya : Melalui Brosur, Stempel, ID Card, Dll