Metabolisme, enzim dan reaksi kimia pembentuk energi

Metabolisme atau pertukaran zat adalah rangkaian reaksi kimia untuk mengubah suatu zat menjadi zat yang lain dalam sel tubuh makhluk hidup.
materi yang terkait dalam setiap metabolisme adalah enzim, substrat, dan ATP. berdasarkan sifat zat yang diperlukan, hasil yang diperoleh energi yang terlibat, metabolisme dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu katabolisme dan anabolisme, katabolisme adalah pemecahan senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana disertai dengan pembabasan energi, sedangkan anabolisme merupakan reaksi pembentukan senyawa kompleks dari senyawa yang lebih sederhana dengan mengkonsumsi energi.
Adenosin tri fosfat (ATP)merupakan molekul koenzim yang tersusun atas purin, gula ribosa dan tiga gugs fosfat. energi yang dihasilkan dalam reaksi metabolisme akan disimpan dalam bentuk ATP dan energi ini sewaktu-waktu dapat digunakan oleh sel. bila sel memerlukan energi,maka ATP akan dipecah secara hidrolisis menjadi Adenosin Difosfat (ADP) atau adenosin monofosfat (AMP). pengubahan ATP menjadi AMP menghasilkan energi sebesar 30,6 KJ sebaliknya pembentukan ATP dari AMP memerlukan energi sebesar 30,6 KJ.
reaksi kimia berdasarkan energi yang terkait dapat dibedakan menjadi dua, yaitu reaksi endergonik dan reaksi eksergonik. reaksi endergonik merupakan reaksi yang memerluka energi, sedangkan reaksi eksergonik merupakan reaksi yang menghasilkan energi.

Follow my blog with Bloglovin

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Metabolisme, enzim dan reaksi kimia pembentuk energi Bisa Bermanfaat untuk kita semua.