Penyebab munculnya Jerawat

Penyebab munculnya Jerawat:
Penyebab munculnya Jerawat. Berikut ini info beberapa penyebab terjadinya jerawat pada kulit (wajah kita). Jerawat merupakan masalah kulit yang sering terjadi terutama pada usia remaja. Meskipun tidak menutup kemungkinan beberapa orang dewasa juga mengalaminya. Jerawat sangat mengganggu penampilan, dari mulai kemerahan pada kulit hingga munculnya jaringan parut pada bekas jerawat. Setidaknya ada tiga faktor yang berkontribusi terhadap pembentukan jerawat, yaitu :

1. Produksi minyak berlebih (Overproduction of Oil/Sebum)
2. Pengelupasan sel-sel kulit mati yang menyebabkan iritasi folikel rambut
3. Bakteri yang berkembang biak

Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Setiap folikel terhubung dengan kelenjar sebaceous. Kelenjar sebaceous ini mengeluarkan zat berminyak yang disebut sebum untuk melumasi rambut dan kulit. Sebum biasanya bergerak sepanjang poros rambut dan kemudian keluar melalui pembukaan folikel rambut pada permukaan kulit. Jika tubuh memproduksi sebum dan sel kulit mati secara berlebihan, maka keduanya akan bergabung dan membentuk sumbatan halus di folikel rambut. Sumbatan ini bisa menyebabkan dinding folikel menonjol dan menghasilkan komedo tertutup atau whiteheads. Bisa jadi sumbatan tersebut terbuka ke permukaan kulit dan menjadi kehitaman sehingga menjadi komedo terbuka atau blackheads.

Jerawat tumbuh menjadi bintik-bintik merah dengan putih di tengah yang berkembang ketika folikel rambut yang tersumbat menjadi meradang atau terinfeksi. Sumbatan dan peradangan bisa berkembang jauh ke dalam folikel rambut dan menghasilkan benjolan di permukaan kulit yang disebut kista (cyst). Belum diketahui apa yang menyebabkan peningkatan produksi sebum. Namun sejumlah faktor dianggap ikut berperan diantaranya adalah hormon, bakteri, obat-obatan tertentu, dan keturunan.

Bertentangan dengan apa yang orang pikirkan, makanan berminyak dan cokelat hanya memiliki efek sedikit pada jerawat. Selain itu, jerawat tidak disebabkan oleh kotoran. Menggosok wajah terlalu kasar atau membersihkan wajah dengan sabun atau bahan kimia yang keras bisa menyebabkan iritasi kulit wajah dan membuat jerawat semakin memburuk. Untuk mencegah munculnya jerawat yang diperlukan adalah membersihkan kulit wajah secara teratur untuk menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati. (source : oketips.com)


Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Penyebab munculnya Jerawat Bisa Bermanfaat untuk kita semua.