Spesifikasi Hardisk WD Scorpio Blue 1TB Terbaru Hardisk Lapang untuk Laptop dan Lebih Tipis

Spesifikasi Hardisk WD Scorpio Blue 1TB Terbaru Hardisk Lapang untuk Laptop dan Lebih Tipis: Harga Hardisk WD Scorpio Blue 1TB Terbaru - Kebutuhan terhadap media penyimpanan berkapasitas besar terus meningkat, termasuk bagi para pengguna komputer jinjing. Nah, WD Scorpio Blue 1TB coba menjawab kebutuhan tersebut.

Meski dibuat dalam form factor 2,5 inci namun produk ini tergolong memiliki kapasitas yang besar, yakni 1 TB. Tak hanya itu, hardisk ini juga memiliki spesifikasi yang cukup lumayan, seperti cache sebesar 8 MB, 5400 RPM, dan menggunakan interface SATA 2 berkecepatan 3 Gb/s.

Sedangkan untuk ukuran, meski memiliki ukuran besar namun ketebalan WD Scorpio Blue 1TB hanya berkisar 9,5 mm, lebih tipis dari produk sebelumnya yang berkapasitas sama yakni 12,5 mm. Ini berarti produk ini bisa digunakan hampir di semua notebook yang beredar. Lalu bagaimana dengan performanya?

Embel-embel Blue pada WD Scorpio Blue 1TB mengindikasikan bahwa produk ini memiliki performa kelas menengah. Label Black untuk kelas atas dan Green untuk jajaran hardisk hemat energi. Jadi sebelum membeli pengguna sudah bisa memutuskan terlebih dahulu mana yang sesuai kebutuhan.

Untuk WD Scorpio Blue 1TB performanya cukup menjanjikan. Ketika digunakan untuk mengkopi file sebesar 8,74 GB rata-rata kecepatan produk ini mentok di 19 MB/detik. Alhasil, butuh waktu sekitar 7 menit untuk menyelesaikan proses tersebut.

Itu ketika digunakan untuk mengkopi file menggunakan aplikasi TeraCopy, sedangkan ketika menggunakan aplikasi HD Tune Pro 4.61 rata-rata kecepatan produk ini mencapai 86 MB/s, dengan kecepatan maksimal 112 MB/sec dan minimal 34 MB/sec. Cukup kencang bukan?

Selain menjanjikan performa yang memadai produk ini juga dibekali dengan fitur WD Advanced Format Hard Drive, yakni sebuah standar baru pengelompokan hardisk untuk tiap sektor.

Biasanya, kebanyakan hardisk akan menulis data block dengan 512 byte tiap sektornya, sedangkan produk ini bisa lebih besar pada 4 KB per sektor. Imbasnya, jumlah kapasitas yang terpotong ketika diformat akan lebih sedikit dibanding sebelumnya. Tapi tentunya masih dibutuhkan bantuan aplikasi khusus serta hardware yang memadai untuk menikmati fitur tersebut.

Kesimpulannya, meski bukan sebagai hardisk tercepat namun WD Scorpio Blue 1TB masih cukup handal dengan kecepatan rata-rata 86 MB/s. Itu saja sudah cukup jika digunakan sebagai hardisk utama, dan sangat baik jika dipakai sebagai hardisk kedua.

Spesifikasi WD Scorpio Blue 1TB

  • Form Factor: 2.5" x 1/8H (100.2mm x 69.85 x 9.5mm)
  • Capacity: 1.0 TB
  • Interface: Serial ATA-300
  • Buffer: 8 MB
  • Seek Time: 12.0 ms
  • Average Latency: 5.50 ms
  • Spindle Speed: 5400 RPM
  • Power Use: 1.40 Watts Read/Write, 0.59 Watts at idle and 0.18 Watts Sleep/Standby

Anda Telah Membaca Spesifikasi Hardisk WD Scorpio Blue 1TB Terbaru Hardisk Lapang untuk Laptop dan Lebih Tipis

Semoga Artikel Spesifikasi Hardisk WD Scorpio Blue 1TB Terbaru Hardisk Lapang untuk Laptop dan Lebih Tipis Bisa Bermanfaat untuk kita semua. Jika Ada Hal yang ingin ditanyakan, Silahkan Komentar atau Hubungi kami via Web Chat yang tersedia