Reaksi Antara Metil Benzen dan Klorin

Reaksi Substitusi Radikal Bebas
Halaman ini memberikan fakta dan contoh mekanisme dari reaksi substitusi radikal bebas antara metil benzen (atau dikenal juga sebagai toluen) dan klorin.
Metilbenzen memiliki metil terikat pada cincin benzen. Segienam dengan lingkaran didalamnya merupakan lambang dari benzen. Terdapat sebuah karbon disetiap sudut dari segienam dan sebuah  hidrogen yang terkait pada setiap karbon, kecuali karbon yang terikat dengan metil.
Fakta
Reaksi yang akan kita jeajahi terjadi antara metilbenzen dan klorin dengan keberadaan sinar ultraviolet -sinar tampak biasa. Reaksi ini merupakan contoh yang baik dari reaksi photochemical – reaksi yang terjadi dengan bantuan sinar matahari.

Hasil dari reaksi ini adalah (klorometil) benzen. Tanda kurung menekankan bahwa klorin merupakan bagian dari metil yang terikat dan bukan pada cincin benzen.
Salah satu dari atom hidrogen pada metil digantikan oleh atom klorin, jadi reaksi ini merupakan reaksi substitusi. Namun reaksi tidak berhenti disini sampai dengan ketiga hidrogen pada metil digantikan semua oleh klorin.
Mekanisme
Mekanisme tersebut menyangkut reaksi berantai. Pada reaksi berantai untuk setiap pe-nonaktif-an yang terjadi pada suatu bagian, bagian lain menjadi aktif sehingga proses terus berlangsung.
Keseluruhan proses dikenal sebagai substitusi radikal bebas atau sebagai reaksi berantai radikal bebas.
Inisiasi Rantai
Rantai terinisiasi oleh sinar ultraviolet yang memutuskan molekul klorin menjadi radikal.

Cl22Cl
Reaksi propagasi rantai
Berikut ini merupakan reaksi yang membuat reaksi terus berjalan.


Reaksi rantai penghabisan
Berikut ini adalah reaksi yang menghilangkan radikal bebas tanpa menghasilkan radikal yang lain.
Contoh paling sederhana yaotu tumbukan antara dua radikal klorin.

2ClCl2

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Reaksi Antara Metil Benzen dan Klorin Bisa Bermanfaat untuk kita semua.