• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Minggu, 16 Oktober 2011

    Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

    Data observasi dengan menggunakan mikroskop cahaya pada sediaan sel daun tumbuhan (Elodea sp) dan sel epitel pipi manusia diperoleh hasil sesuai Tabel 2.2.
    Tabel 2.2. Perbandingan sel Elodea dan sel epitel pipi
    NoBagian selElodea, Hydrilla, ValesneriaSel epitel pipi
    1
    2
    3
    4
    5
    Sitoplasma
    Inti/nukleus
    Kloroplas
    Dinding sel
    Membran sel
    Ada
    Ada
    Ada
    Ada
    Ada
    Ada
    Ada
    Tidak ada
    Tidak ada
    Ada
    Dari Tabel 2.2 kalian dapat mengetahui persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan, yaitu bagian-bagian yang dijumpai pada sel Elodea dan epitel pipi (sebutkan!) Demikian juga kalian dapat mengetahui ciri-ciri khas tumbuhan, yaitu bagian-bagian yang dijumpai pada sel Elodea tetapi tidak dijumpai pada sel epitel pipi. Dengan adanya kloroplas pada sel Elodea maka tumbuhan ini dapat mensintesis makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Demikian juga adanya dinding sel pada sel Elodea menjadikan bentuk selnya lebih jelas dibandingkan pada sel pipi.
    Jika kalian amati secara cermat, kloroplas, dan inti sel Elode terletak di pinggir dekat ke dinding sel. Hal ini disebabkan dibagian tengah dari sel tumbuhan terdapat adanya vakuola besar yang terletak di tengah-tengah sel (disebut vakuola sentral), sedangkan pada sel hewan tidak teramati adanya vakuola sentral, karena ukuran vakuolanya kecil.
    Karena sel hewan tidak mempunyai kloroplas (plastid) maka tidak dapat melakukan fotosintesis sehingga energi yang diperolehnya bukan dari cahaya matahari, tetapi berasal dari makanan. Dalam sel hewan, organel yang disebut lisosom (karena ukurannya kecil maka tidak dapat diamati dengan mikroskop cahaya) berfungsi mencerna makanan yang diabsorbsi oleh sel. Organel ini tidak dijumpai pada sel tumbuhan.
    Apabila kita mengamati reproduksi seksual pada sel hewan dan sel tumbuhan maka pada saat proses pembelahan sel terdapat adanya sentriol dekat inti sel hewan. Organel ini umumnya tidak terdapat pada sel tumbuhan. Gamet jantan pada hewan mempunyai flagel, sedangkan pada pada tumbuhan tingkat tinggi tidak berflagel.
    Berdasarkan pengamatan dan keterangan tersebut, kita dapat menyebutkan perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan, Perbedaan kedua makhluk hidup tersebut dapat dilihat pada Tabel 2.3.
    Tabel 2.3. Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan
    CiriSel TumbuhanSel Hewan
    Dinding sel
    Bentuk sel
    Butir plastida
    Asal energi
    Vakuola
    Sentriol
    Flagel
    Tetap
    Ada
    Fotosintesis
    Vakuola besar (Sentral)
    Tidak ada
    Tidak ada
    Tidak ada
    Bervariasi
    Tidak ada
    Makanan
    Lisosom
    Ada