• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Jumat, 07 Oktober 2011

    Menghitung IPK dengan Fungsi SUMPRODUCT

    Langsung saja kita pelajari penggunaan fungsi SUMPRODUCT dengan contoh seperti di gambar. Dalam contoh, saya ingin menghitung besarnya IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) seorang mahasiswa.


    Pertama, saya isikan dulu semua data yang saya punya yaitu SKS, nilai, dan bobot nilai. Bobot nilai diambil dari tabel merah di sebelah kanan, yaitu : A=4, B=3, C=2, dan D=1. Saya menggunakan fungsi VLOOKUP di sel D2 dan mengcopykannya sampai sel D4.
    =VLOOKUP(C2,$F$2:$G$5,2)

    Kemudian di cel D11 saya menghitung IPK nya. Secara umum IPK didapat dengan mengalikan SKS tiap mata kuliah dengan bobot nilainya. Lalu menjumlahkan hasilnya. Terakhir, hasil tersebut dibagi jumlah SKS.
    Tapi di sini, saya menggunakan fungsi SUMPRODUCT.
    Fungsi SUMPRODUCT mengalikan array (sekumpulan angka) B2:B9 (yaitu besarnya SKS) dengan array D2:D9 (yaitu bobot nilai) lalu menjumlahkan hasilnya. Setelah didapat hasil akhirnya, saya membaginya dengan total SKS (=SUM B2:B9).
    =SUMPRODUCT(B2:B9,D2:D9)/SUM(B2:B9)
    Silakan mencoba, semoga lebih jelas.

    Salam Mulyono Blog's