Hujan Satu Jam, Sampah Penuhi Irigasi

image Semarang, CyberNews. Keberadaan sampah di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Jomblang, Perbalan, Kelurahan Candi, Semarang Selatan langsung hilang setelah terbawa air hujan. Seperti yang terjadi Rabu, (19/10), hujan yang mengguyur Semarang dan sekitarnya lebih kurang satu jam langsung mengalir ke irigasi.
Warna air yang semula bening berubah menjadi hitam pekat dan membawa kotoran serta sampah. Jumali (45) warga RT 03 RW I Jomblang, Perbalan, Kelurahan Candi, Semarang Selatan mengatakan, dirinya bersama warga lainnya selalu mencium bau tak sedap ketika air irigasi dalam keadaan tidak mengalir. Hal ini dikarenakan irigasi yang melewati tiga RW tersebut merupakan irigasi utama warga dan tidak ada pendorong dari sungai induk.
"Sosialisasi tentang tidak membuang sampah terus dilakukan, namun tetap saja sampah masih banyak dibuang di saluran dan menyebabkan bau tidak sedap," katanya.
Sejauh ini pihaknya bersama warga melalui pengurus RW dan Kelurahan Canditelah melayangkan surat ke Pemkot, hanya saja pihak terkait seperti Badan Lingkungan Hidup (BLH) belum turun tangan mencari tahu penyebab bau tidak sedap dari irigasi. "Hulu irigasi Jomblang memanjang dari daerah RS Elisabet hingga belakang Hotel Patrajasa Semarang yang padat penduduk," ungkapnya.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Hujan Satu Jam, Sampah Penuhi Irigasi Bisa Bermanfaat untuk kita semua.