• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Sabtu, 15 Oktober 2011

    Halida mirip rantai dan halida berlapis

    Halida mirip rantai
    Emas iodida, padatan putih kekuningan. Dua atom iod berkoordinasi pada atom emas dan senyawanya mempunyai struktur rantai 1 dimensi zig zag. Berilium khlorida, BeCl2. Kristal tak bewarna (mp 405° C dan bp 520° C). Menyerap air dan larut dalam air dan etanol. Berilium tetrakoordinat membentuk rantai 1 dimensi melalui jembatan khlorin (Gambar 4.22). Dalam fasa gas, merupakan molekul berbentuk lurus berkoordinasi dua. BeCl2 adalah asam Lewis dan digunakan sebagai katalis reaksi Friedel-Crafts.
    struktur berilium khlorida
    Paladium khlorida, PdCl2 adalah padatan merah. Dalam tipe  α, atom paladium yang berkoordinasi empat membentuk rantai 1-dimensi dengan jembatan ganda khlorin. Dihidratnya menyerap air dan larut dalam air, etanol, aseton, dsb. Bila PdCl2 dilarutkan dalam asam khlorida, akan terbentuk [PdCl4]2- berkoordinasi empat bujur sangkar. PdCl2 digunakan dalam katalis proses Wacker, yang merupakan proses oksidasi olefin, juga sebagai katalis dalam berbagai reaksi organik.
    Zirkonium(IV) tetrakhlorida, ZrCl4. Kristal tak bewarna (tersublimasi di atas 331° C). Zirkonium berkoordinasi oktahedral dan membentuk rantai zig zag jembatan melalui jembatan khlorin (Gambar 4.23). Senyawa ini bersifat higroskopik dan larut dalam air, etanol, dsb.  ZrCl4 digunakan sebagai katalis Friedel-Crafts dan sebagai komponen katalis polimerisasi olefin.
    struktur zorkonium
    Halida berlapis
    Kadmium iodida, CdI2. kristal tak berwarna (mp 388o C dan bp 787 °C). CdI2 mempunyai struktur CdI2 dengan lapisan yang terdiri atas oktahedral CdI6 menggunakan bersama sisinya (Gambar 4.24). Dalam fasa gas, CdI2 membentuk molekul triatomik lurus. CdI2 larut dalam air, etanol, aseton, dsb.
    struktur cdl2
    Kobal(II) khlorida, CoCl2.  Kristal biru (mp 735° C dan mp 1049° C) memiliki struktur CdCl2. CoCl2 bersifat higroskopik dan menjadi merah muda bila mengabsorbsi air. CoCl2 juga larut dalam etanol dan aseton. Heksahidratnya bewarna merah dan merupakan senyawa koordinasi dengan air merupakan ligan.
    Besi (II)khlorida, FeCl2, kristal kuning kehijauan (mp 670-674° C). Memiliki struktur kadmium khlorida, dan larut dalam air dan etanol. Hidratnya, yang terkoordinasi dengan sejumlah air (6, 4, 2), diendapkan dari larutan FeCl2 dalam asam khlorida.
    Besi(III)khlorida, FeCl3, kristal coklat tua (mp 306° C dan menyublim). FeCl3 memiliki struktur lamelar dengan besi berkoordinasi secara tetrahedral dengan enam ligan khlorin. Dalam fasa gas, FeCl3 memiliki struktur dimer yang berjembatan khlorin mirip dengan aluminum khlorida.