Geliat Aplikasi NFC Lokal di INAICTA 2011

Jakarta - Para pengembang software lokal mulai tertarik untuk membuat aplikasi yang memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC). Tanda-tanda ini terlihat di ajang apresiasi produk kreatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) karya anak bangsa bertajuk Indonesia ICT Award (INAICTA) 2011 yang digelar di JCC Jakarta (5/10/2011). Ada beberapa perusahaan lokal yang telah berhasil mengembangkan aplikasi berteknologi NFC berkat dukungan Nokia.

Perlu diketahui, NFC adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan interaksi antar perangkat jarak dekat. Nokia yang merupakan salah satu pendiri forum NFC dan telah memiliki handset berbasis NFC yakni Nokia 600 dan 700 perlu mengampanyekan teknologi baru ini serta menggandeng para developer lokal. Beberapa aplikasi NFC lokal berbasis platform Symbian 3 pun berhasil dibuat. Diantaranya adalah aplikasi yang memberikan informasi mengenai resep makanan sedap yakni Sajian Sedap buatan Dycode yang bekerjasama dengan Gramedia Group. Kemudian aplikasi rekomendasi untuk kuliner yaitu Meeno! yang dikembangkan oleh Elasitas. Juga Intip Buku yang dikembangkan oleh Astria Nur Irfansyah dan Smash Mania oleh Agate. Aplikasi tersebut dipamerkan di booth Nokia dan mendapat banyak perhatian dari pengunjung. Akhir-akhir ini, Nokia Indonesia memang sangat gencar dalam menggandeng developer lokal untuk membuat aplikasi berbasis Qt di platform milik Nokia yaitu Symbian dan Meego. Menjadi sponsor utama Inaicta 2011 juga sebagai salah satu strategi untuk menarik minat para developer.

Menurut Haryati Lawidjaja, Head Portfolio & Service Marketing Nokia Indonesia, perusahaannya telah berhasil mengedukasi 12 ribu pengembang aplikasi Indonesia melalui lebih dari 60 seminar, workshop dan kompetisi di 12 kota. "Lebih dari 1.200 aplikasi dan konten telah dipublikasikan di Nokia Store (dulu Ovi Store-red) yang bisa diunduh oleh pengguna Nokia di seluruh dunia," kata Haryati. (Bambang Dwi Atmoko)

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Geliat Aplikasi NFC Lokal di INAICTA 2011 Bisa Bermanfaat untuk kita semua.