Ciri-ciri penyakit maag

Ciri-ciri penyakit maag yang dialami oleh para penderita penyakit maag, pada umumnya dirasa sangat mengganggu dan menyiksa. Meskipun begitu, dalam beberapa kasus, seseorang dapat saja menderita penyakit maag hingga tingkat yang mengkhawatirkan tanpa mengalami gejala khusus atau menampakkan ciri-ciri penyakit maag yang biasanya relatif mudah dikenali. Beberapa dari ciri-ciri penyakit maag acap kali hadir pada waktu yang bersamaan sekaligus, akan membuat penderitanya merasa sangat menderita dan terganggu. Untunglah, mayoritas kasus penyakit maag adalah kasus yang cukup ringan dan dapat segera diobati sampai tuntas.
Ciri-ciri penyakit maagPerlu juga untuk anda ketahui, terkadang, kondisi yang anda rasakan pada tubuh anda yang awalnya anda kira adalah salah satu dari ciri-ciri penyakit maag, mungkin saja pada kenyataannya justru menunjuk ke kondisi medis lain. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita semua untuk tidak coba-coba untuk mendiagnosa diri anda sendiri apalagi mengobati diri anda sendiri dengan asal-asalan. Adalah sangat-sangat disarankan kepada anda untuk mendapatkan pendapat dari praktisi medis yang terpercaya dan berkualitas.
Ciri-ciri penyakit maag yang paling banyak didapati di masyarakat adalah nyeri pada perut bagian atas. Anda biasanya akan mengalami sensasi seperti terbakar entah itu di atas pusar, di perut bagian atas kiri atau bahkan terkadang di belakang. Banyak penderita penyakit maag telah melaporkan mereka mengalami nyeri di semua daerah ini. Banyak diantara mereka yang mengeluh, rasa sakit itu seringkali juga berpindah-pindah dari samping atau depan ke belakang. Rasa nyeri ini digambarkan penderitanya seperti ada sesuatu yang perlahan membakar sebagian dari bagian dalam perut mereka. Hal ini dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan tidur dan sering kali begitu parahnya sehingga membuat sebagian orang merasa kehabisan napas dan sesak. Namun, sebagian orang lagi, hanya mengalami gejala yang rigan seperti terus menerus mengalami rasa tidak nyaman pada perut. Rasa sakit seperti ditusuk-tusuk dan diikuti dengan kram pada perut juga merupakan salah satu dari ciri-ciri penyakit maag yang paling banyak ditemui. Rasa sakit kadang-kadang mereda dan kemudian kembali menyerang setelah si penderita menyantap makanan.
Mual dan muntah-muntah adalah ciri-ciri penyakit maag lainnya. Mual yang terkadang diikuti dengan muntah-muntah adalah salah satu dari ciri-ciri penyakit maag yang paling umum dan mengganggu. Penderita penyakit maag biasanya akan mulai merasa mual setelah makan atau saat terbangun di pagi hari. Penderita dengan penyakit maag yang cukup serius bahkan bisa muntah-muntah setelah mereka minum air. Rasa mual bisa datang tiba-tiba dan mungkin bertahan untuk sementara waktu atau terkadang dalam waktu yang lebih lama diikuti dengan serangan muntah. Cairan yang keluar bisa berwarna hijau atau kuning, tergantung pada seberapa parah kondisi si penderita itu sendiri. Tidak jarang, penderita penyakit maag sampai mengalami muntah darah. Apabila itu sampai terjadi pada anda, anda tidak boleh lagi menunda-nunda untuk segera menemui dokter yang dapat dengan cepat mengenali ciri-ciri penyakit maag dan membuat diagnosa yang tepat.
Ciri-ciri penyakit maag lainnya adalah berubahnya warna tinja anda. Apabila ciri-ciri penyakit maag diatas juga diikuti dengan perubahan warna tinja anda menjadi hitam, bisa dipastikan penyakit maag yang diderita sudah cukup parah. Tinja yang berwarna hitam menunjukkan adanya darah di saluran pencernaan anda, dan itu adalah kondisi yang sangat berbahaya.
Kehilangan nafsu makan juga merupakan ciri-ciri penyakit maag yang sangat umum dan seringkali ditemui pada pasien-pasien penyakit maag. Kehilangan selera makan biasanya disertai dengan perasaan penuh pada perut atau kembung. Selain daripada itu, terus menerus bersendawa juga merupakan salah satu dari ciri-ciri penyakit maag akut. Ketika mengalami kembung, bersendawa awalnya mungkin dianggap dapat meringankan rasa tidak nyaman pada perut. Namun kenyataanya, itu hanya untuk sementara. Beberapa saat kemudian, anda akan segera kembung lagi dan kembali terus-terusan bersendawa.
Ciri-ciri penyakit maag lainnya yang tergolong sangat umum antara lain adalah berkeringat tanpa sebab yang jelas (misalnya di ruangan dingin atau ber-AC), pingsan, denyut jantung menjadi lebih cepat, gangguan pencernaan dan cegukan.
Ciri-ciri penyakit maag yang saya sebutkan diatas seringkali dianggap ringan dan terlalu umum, membuat kebanyakan orang merasa tidak memerlukan perhatian medis dan mendapatkan pengobatan khusus. Apalagi, ada banyak penyakit lain yang juga menghasilkan gejala yang mirip atau serupa dengan ciri-ciri penyakit maag. Alasan ini membuat orang merasa ragu dan menunda-nunda pengobatan.  Kita semua berharap, setelah membaca tulisan ini, anda dapat lebih mengenali gejala-gejala yang timbul dan dapat segera mendapat bantuan apabila anda mengalami salah satu atau beberapa dari ciri-ciri penyakit maag.
Topik Artikel:
  • ciri-ciri penyakit maag
  • ciri-ciri maag
  • ciri sakit maag
  • ciri penyakit maag
  • ciri maag
  • ciri-ciri penyakit maag kronis
  • ciri-ciri sakit maag
  • ciri ciri penyakit maag kronis
  • ciri ciri penyakit maag
  • ciri ciri sakit maag