(Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 1

(Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 1:
Jika di Microsoft Windows Anda mengenal istilah MS-DOS Command, maka di Ubuntu kita juga akan menemukan hal semacam itu. Jika di Microsoft Windows kita menggunakan command prompt atau CMD maka di Ubuntu kita akan menggunakan Terminal untuk menjalankan baris perintah. Inilah bab yang membahas tentang baris perintah. Yang ada sudo, cd, cp sama mkdir…mkdir apa gitu….kan? yup bener banget ! nah itu udah pada pinter !

Ogah…… mending kabur aja deh, ngeri sama baris perintah….takut jari sama mata nanti jadi keriting ! Duh command line tidak semenakutkan itu kok, justru command line akan terasa sangat mengasyikkan jika Anda berusaha untuk menikmatinya. Nih saya jabarkan beberapa keuntungan menggunakan command line:



- Saat DE Anda mengalami crash hanya command line lah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan recovery

- Beberapa operasi hanya bisa dijalankan melalui command line

- Untuk operasi-operasi tertentu, menggunakan command line jauh lebih cepat ketimbang melalui GUI.

- Melatih ketajaman mata, ketelitian, daya ingat serta keterampilan mengetik :)

- Anda akan terlihat lebih cool dan keren di mata teman-teman atau pacar Anda saat menggunakan sudo mkdir /media/data/new\ folder di terminal ketimbang sekedar klik kanan > create folder :P

Mengapa kita perlu command line ? Alasan yang paling utama adalah Desktop Environment (GNOME pada Ubuntu) itu hanya sebagai masking atau topeng dari proses yang terjadi sebenarnya. Saat Anda melakukan klik kanan > copy, klik kanan > paste, klik kanan > create folder, double klik icon untuk membuka folder dan lain sebagainya itu adalah proses yang terjadi di depan layar. Jadi DE sebenarnya dapat kita ibaratkan sebagai “gamepad” atau “joystick” dari command line, sehingga Anda dapat mengontrol dan mengoperasikan OS Anda dengan nyaman dan mudah.

Lalu bagaimana jika suatu saat “gamepad” Anda ini rusak ? bagaimana Anda mengontrol sistem operasi Anda ? jika Anda tidak bisa melakukan kontrol pada sistem operasi bagaimana Anda melakukan recovery atau perbaikan? Nah pada saat seperti inilah Anda akan membutuhkan command line.

Bagaimana mengakses command line ?

Ada dua metode untuk mengakses command line:

1. Melalui Desktop

Mengakses command line pada saat Anda menggunakan sesi desktop Anda sangatlah mudah. Pada top panel desktop, klik Application > Accessories > Terminal



2. Melalui Kernel

Anda dapat mengakses command line diluar sesi desktop Anda, jadi Anda tidak perlu login ke desktop terlebih dahulu untuk menggunakan command line. Metode ini mirip dengan metode DOS Mode atau Safe Mode With Command Line pada Microsoft Windows. Jika DE Anda mengalami crash sehingga Anda tidak bisa login ke desktop, modus inilah satu-satunya yang bisa Anda gunakan.

Untuk mengakses modus ini, pada saat menu boot grub loader muncul, pilih menu Ubuntu, Linux <versi kernel Linux>-generic (recovery mode)



bersambung ya….:), klik entries (RSS) untuk berlanganan artikel dari sini…:)

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel (Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 1 Bisa Bermanfaat untuk kita semua.