Bagaimana Menggunakan Panah Melengkung

Halaman ini menjelaskan penggunaan panah melengkung untuk memperlihatkan pergerakan  elektron pasangan dan elektron tunggal pada mekanisme reaksi organik.
Penggunaan panah melengkung untuk menunjukkan pergerakan  elektron pasangan
Panah melengkung digunakan dalam mekanisme untuk memperlihatkan berbagai macam pergerakan  elektron.
Bagian belakang dari panah adalah tempat awal pasangan elektron. Itu sudah jelas. Anda juga harus memperlihatkan pasangan elektron sebagai ikatan atau jika merupakan  elektron bebas/tunggal  , sebagai titik. Ingat bahwa elektron bebas  adalah  elektron pada suatu  ikatan yang tidak dipakai untuk berikatan.
Kepala dari panah adalah letak terakhir dari elektron.

Sebagai contoh, pada reaksi antara eten dan hidrogen bromida, satu dari dua ikatan antar karbon terputus. Ikatan tersebut merupakan pasangan elektron.
Elektron tersebut pindah untuk membentuk ikatan baru dengan hidrogen dari HBr. Pada saat yang sama pasangan elektron pada hidrogen bromida pindah ke atom bromida.

Tidak perlu untuk menggambar pasangan elektron pada ikatan sebagai dua buah titik. Cukup dengan garis. Anda juga dapat menambahkan dua buah titik jika ingin.
Perhatikan bahwa panah mengarah ke daerah antara C dan H karena elektron menuju ke daerah tersebut.  Juga perhatikan pergerakan antara H dan Br juga digambarkan dengan panah melengkung walau pasangan elektron menuju ke arah bawah. Anda harus menunjukkan pergerakan elektron dengan garis melengkung bukan dengan garis lurus.
Tahap kedua dari reaksi ini menunjukan  pergerakan elektron bebas.
Tahap pertama meninggalkan muatan positif apda tangan kanan karbon dan muatan negatif pada bromida.  Anda dapat tebak bahwa elektron pada bromidalah yang sebenarnya membuat ikatan  hidrogen bromida.
Pasangan tunggal pada ion bromida  bergerak untuk membentuk ikatan baru antara bromin dan tangan kanan atom karbon. Pergerakan itulah yang ditunjukkan dengan panah melengkung.
Perhatikan juga bahwa panah melengkung menunjuk pada daerah antara karbon dan bromina karena ke daerah tersebut elektron pindah.
Sehingga anda mendapatkan produk dari reaksi ini, bromothane:

Penggunaan panah melengkung untuk menunjukkan pergerakan elektron tunggal
Penggunaan umum dari panah melengkung adalah untuk memperlihatkan pergerakan elektron pasangan. Anda juga edapat menggunakannya untuk memperlihatkan pergerakan elektron tunggal, namun dengancatatan ujung dari panah tersebut hanya menggunakan satu garis bukan dua. (Lihat gambar)
Pergerakan pasangan elektron
Pergerakan elektron tunggal
Tahap pertama dari polemerisasi dari eten, sebagai contoh, ditunjukkan dengan:
Anda harus menggambar titik untuk menunjukkan masing masing elektron. Panah tidak sempurna (half arrow) menunjukkan arah kemana mereka pindah.
Penggunaan panah- panah ini harus anda sesuaikan dengan text book yang anda pakai.
Ada beberapa kesalahan yang membingungkan pada penggunaan panah penuh (dengan dua garis) dan panah tidak sempurna (dengan satu garis). Sesuaikan dengan Text book anda.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Bagaimana Menggunakan Panah Melengkung Bisa Bermanfaat untuk kita semua.