Acer Aspire 4520 dan Permasalahannya

Setelah mengirit pengeluaran selama beberapa bulan (dan ternyata masih harus ngirit sampe sekarang ditambah lagi belum tahu sampai kapan harus mengirit) akhirnya aku berhasil membeli sebuah laptop bermerek Acer, tipe Aspire 4520. Harganya termasuk murah saat itu, hanya RM 2000. Kalo di Indonesiakan berapa ya sekarang? Dengan kurs RM 1 = Rp 2500, ya jadi 5 juta deh.

Spesifikasinya adalah prosesor AMD Turion 64X2 1.9 GHz, RAM 512 MB, HD 120 GB, Wireless B/G, DVD Writer DL, Express Card, 5 in 1 reader, Monitor 14.1 inch. Modem, LAN, USB itu sudah standar lah ngga ada yang hebat banget.
Okeh, dari katalog Acer, laptop ini dikasih OS Linux Linpus. Tapi sama yang jualnya ternyata dikasih Windows XP bajakan. Karena bajakan, ngga bisa deh dipake untuk update software. Wah sedih. Setelah itu aku coba install Acer Empowering Technology, berdasarkan petunjuk dari web.
Setelah itu, aku juga pasang software lain yang kebanyakan gratisan (free software) seperti wise registry cleaner, firefox, free download manager, dan mainan anak-anak. Ternyata setelah dipake beberapa kali, mulai ngadat nih komputer. Masa mau nampilin isi my computer aja bisa sampe 2 menit. Saatnya bebersih.
Akhirnya aku bisa dapatkan Windows asli yang bisa diupdate. Ngga perlu ditanya gimana caranya, pokoknya jadi bisa terupdate aja nih windows XP. Terus mulai deh pasang software yang lainnya. Untungnya, Acerku ini sudah dilengkapi dengan CD driver. Ngga ada masalah tuh dengan instalasi hardware di XP. Padahal kata orang Acer ini banyak masalah. Ternyata semua hardware terdeteksi dengan baik.
Caranya? ya seperti biasa deh, begitu ada hardware yang terdeteksi atau lewat hardware manager, dia akan minta driver untuk hardware. Sudah tunjukkan saja tempat CD drivernya. Dia nyari sendiri driver mana yang dibutuhkan. Semua beres sampe selesai. Saatnya mencoba software lain.
Seperti biasa, software gratisan lain seperti avast anti virus home edition, firefox, wise registry cleaner, aku pasang. Ndak ada masalah berarti. Besoknya langsung aku bawa ke kampus. Dengan koneksi wireless, dimulailah proses update. Eh iya harus validate windows nya dulu yah. Proses validasi ini mudah aja koq kalo terhubung ke internet. Hati-hati, kalo windows XP kamu sudah pernah divalidasi mungkin ngga akan bisa dipake untuk validasi lewat internet lagi. Lho koq aku bisa tau? He he he, ini ada ceritanya sendiri.
Validasi berhasil dengan baik. Kemudian update anti virus dan program-program yang aku butuhkan. Semua berjalan dengan baik. Setelah itu aku cari Acer Empowering Technology yang terbaru. Dapat dari kampus, dan bisa jalan dengan baik. Mungkin ini versi untuk Vista kali ya. Tapi ternyata jalan semua tuh dengan baik di XP ku. Memang sih, pertama kali harus install Microsoft Framework 1.1. Tapi setelah itu terpasang, semua bisa jalan dengan baik. Untuk yang ngga punya XP yang tidak bisa diupdate (means terdeteksi illegal) tenang aja, Framework ini bisa di download dari microsoft tanpa harus memeriksa validasi.
Jadilah sekarang komputerku berjalan dengan sangat mulus. Insya Allah ngga ada problem. Paling kalo udah dipake maen game aja bisa lambat. Tapi bukan karena ada masalah sih. Biasanya kan kalo batere udah penuh, colokan aku matikan. Nah pas dimatikan ini si laptop ngatur sendiri penggunaan memori, monitor, dan CPU. Ini kadang bikin lambat dan layar agak gelap. Tapi bisa disetting dari Acer Empowering Technology nya sih.
So, sekarang setiap sabtu dan minggu, si Acer sayang ini aku bawa ke kantor untuk auto update. Bahkan udah dipake install Visual Studio Express dari websitenya langsung. Sudah diregistrasi pula.
Eh baru sebulan aku pake, ternyata sudah ada yang baru di pasaran. Sekarang prosesornya 2.0 GHz. Yang lainnya hampir mirip. Harga punyaku, yang barunya aja sekarang udah turun RM 200. Wah sedih juga nih, dalam sebulan udah turun segitu banyak harganya. Tapi ga papa deh, udah banyak juga pengalaman yang aku dapatkan selama sebulan itu.
Sekarang Acerku melaju terus. Mudah-mudahan awet. Oh iya, driver dan empowering technology nya ngga bisa aku upload ke website ini. Maklum bayarnya cuma lima ribuan sebulan, ngga akan cukup untuk naruh file yang gede segede gambreng. Kalo ada yang mau dapat filenya, yah silahkan cari sendiri deh di luar sono. Soalnya kalo ngirim lewat mail juga ngga akan bisa, diblok kalo ada file exenya.
Ada permasalahan dengan Acer ku? Sekarang sudah tidak ada lagi.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Acer Aspire 4520 dan Permasalahannya Bisa Bermanfaat untuk kita semua.