Absorpsi Radiasi oleh Molekul

Pada daerah sinar ultraviolet dan sinar tampak, energi diperoleh dari transisi elektronik. Energi yang diserap oleh molekul digunakan untuk menaikan energi elektron dari keadaan dasar ke tingkat energi yang lebih tinggi.
Transisi elektron secara umum terjadi antara orbital ikatan (bonding) atau lone-pair dengan orbital anti ikatan (anti-bonding) tak terisi. Penyerapan dari panjang gelombang tersebut kemudian menjadi ukuran dari pemisahan tingkat energi dari orbital-orbital terkait.

Tabel 15.1. Panjang gelombang berbagai warna cahaya

Eksitasi dari elektron diikuti oleh perubahan vibrasi dan rotasi nomor kuantum sedemikian hingga yang terjadi adalah suatu penyerapan menjadi suatu puncak yang lebar, yang berisi vibrasi dan rotasi.

Gambar 15.3. Transisi elektron molekul dari keadaan dasar ke tingkat energi yang lebih tinggi.
Dalam kaitan dengan interaksi dari solut dengan molekul bahan pelarut ini pada umumnya dikaburkan, dan diamati sebagai kurva yang bagus. Dalam fase uap, dalam bahan pelarut non-polar, dan dengan puncak tertentu misalnya benzene dengan pita 260 nm, vibrasi struktur halus terkadang teramati.

Gambar 15.4. Vibrasi dan rotasi molekul
Pada daerah sinar inframerah (2.500 -1.5000 nm atau 2,5-15 m) energi diserap oleh vibrasi atau rotasi pada bagian tertentu dari molekul.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Absorpsi Radiasi oleh Molekul Bisa Bermanfaat untuk kita semua.