Trik Olahraga yang Aman untuk Diabetes

Salah satu hal yang dianjurkan untuk orang dengan diabetes adalah berolahraga. Tapi ketahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar tetap aman selama berolahraga.

Olahraga memiliki potensi untuk mengendalikan diabetes melalui non obat-obatan seperti mengurangi keparahan penyakit serta secara signifikan mengurangi risiko komplikasi jangka panjang.

Manfaat lain yang bisa didapat adalah membakar kalori, membantu tubuh merespons insulin, meningkatkan sirkulasi terutama di lengan dan kaki, membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi serta mengurangi stres.

Meski begitu ada beberapa hal yang harus dilakukan saat berolahraga agar tidak menimbulkan cedera atau luka, karena orang dengan diabetes cenderung memiliki waktu penyembuhan yang lebih lama dan berpotensi menjadi komplikasi.

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (23/9/2011) yaitu:
1. Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui olahraga apa yang baik dilakukan
2. Berolahragalah secara teratur, idealnya pada waktu yang sama setiap hari, serta sesuaikan dengan jadwal makan dan suntikan insulin
3. Sebaiknya hindari menyuntikkan insulin ke dalam otot yang akan digunakan selama latihan, karena insulin diserap dengan cepat sehingga bisa menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah)
4. Hindari berolahraga ketika kadar gula darah sedang rendah, karenanya periksakan kadar gula darah sebelum dan setelah olahraga
5. Usahakan untuk mengonsumsi tinggi karbohidrat sekitar 15 menit sebelum olahraga
6. Ketika berolahraga kenakan kaus kaki katun dan sepatu yang pas serta nyaman, setelah selesai periksakan kaki apakah ada luka, lecet, iritasi atau cedera lainnya karena orang dengan diabetes cenderung lebih kebal (mati rasa)
7. Jika merasakan mati rasa atau berkurangnya rasa di kaki, maka pilihlah kegiatan low impact seperti berjalan, bersepeda atau berenang dan hindari jogging
8. Jika memiliki masalah pada jantung, sebaiknya tidak berolahraga sendiri
9. Latihan kekuatan atau high impact tidak dianjurkan untuk orang dengan diabetes yang tidak terkontrol.
10. Olahraga bisa menurunkan kadar gula darah, karenanya perhatikan tanda-tanda hipoglikemia selama latihan seperti sakit kepala, jantung berdetak cepat, kebingungan, lemah segera hentikan olahraga.
11. Usahakan membawa makanan glukosa seperti cokelat, permen atau minuman manis, karena hipoglikemia bisa terjadi saat berolahraga atau beberapa jam kemudian.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Trik Olahraga yang Aman untuk Diabetes Bisa Bermanfaat untuk kita semua.