Mengatasi Laptop Boot Up Normal Yang Kemudian Laptop Hang

laptop hang1Awalnya Laptop Boot Up Normal, Kemudian Laptop hang, itulah keluhan yang sering dialami laptop HP dan juga merek laptop lainnya. Setiap kali laptop dinyalakan, tampaknya disaat awal bisa boot normal. Semua ikon muncul di layar. Kemudian ketika mencoba untuk mengklik pada ikon apapun, ternyata laptop tidak menanggapi. User tidak dapat mengakses menu start dengan baik. Semuanya freezee. Laptop harus dimatikan sekitar 6-8 kali sebelum benar-benar boot up dan dapat bekerja normal.

Walaupun di atas saya menyebutkan salah satu merek, tetapi pedoman ini bisa jadi pertimbangan jika laptop anda yang merek lain mengalami hal yang sama. Inilah rekomendasi saya;
  1. Ada beberapa masalah yang mungkin berbeda yang menyebabkan hal ini terjadi. Pertama-tama, ini mungkin menjadi masalah perangkat lunak terkait yaitu sistem operasi. Silahkan masuk ke Safe Mode dan perhatikan apakah laptop juga mengalami hal sama dalam Safe Mode. Nyalakan laptop dan tekan F8 segera sebagai logo muncul di layar, pilih Safe Mode dari menu yang ada. Jika laptop hang dalam mode normal tetapi bekerja dengan baik di Safe Mode, maka kemungkinan besar kerusakan adalah masalah perangkat lunak sistem operasi.
  2. Jika berbicara mengenai kerusakan sistem operasi, maka dalam kasus ini nampaknya yang harus dilakukan adalah repair windows. Tidak mudah untuk memperbaiki sistem operasi dalam kasus ini arena tidak ada pesan apa-apa. Saran pertama adalah jika laptop masih bisa jalan dari safe mode, amankan data anda untuk sekedar jaga-jaga jika harus install ulang.
  3. Ada kemungkinan lain adalah bahwa beberapa driver barus saja anda update, atau anda baru saja menginstall salah satu software aplikasi. Jika itu yang anda lakukan dan terjadi hang, anda sudah pasti tahu penyebabnya dan jalan keluarnya adalah mengembalikan sistem ke posisi semula.
  4. Jika laptop juga hang bahkan di dalam Safe Mode, maka ini buka saja masalah software, tetapi saya merekomendasikan untuk menjalankan tes diagnostik pada hard drive dan memori. Anda dapat menguji hard drive dengan uji SEAtools dan uji memori dengan Memtest86+. Jika hard drive gagal dalam tes, berarti masalah laptop hang di atas disebabkan oleh hard drive yang sekarat, maka mengganti hard drive dan menginstal ulang sistem operasi adalah jalan keluar.
  5. Jika memori gagal lulus tes, maka anda harus mengganti modul memori.
    pilihan lain, cobalah melepas kartu nirkabel dan modem satu demi satu dan tes laptop tanpa card tadi. Sebuah kartu nirkabel yang rusak dapat membekukan seluruh sistem laptop.
Tingkat kesulitan dalam masalah ini adalah rata-rata menengah, tetapi anda yang pemula juga bisa mencobanya. Semoga berhasil.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Mengatasi Laptop Boot Up Normal Yang Kemudian Laptop Hang Bisa Bermanfaat untuk kita semua.