Memilih Speaker Multimedia untuk Studio Musik Netbook

Speaker merupakan elemen yang sangat kritikal dalam proses membuat musik menggunakan media rekaman. Speaker dibutuhkan agar kita memiliki sarana mendengarkan kembali apa yang sudah kita buat. Sama seperti instrumen musik, speaker yang berkualitas memungkinkan kita menghasilkan karya berkualitas juga.
Pada artikel pertama tentang “Dasar-Dasar Membangun Studio Musik Berbasis Netbook”, saya menyebutkan speaker/headphone sebagai elemen atau peralatan dasar yang kita butuhkan untuk membantu kita membuat musik dalam media rekaman. Speaker yang kita gunakan bisa berupa speaker on board netbook, sepasang earphone/headphone, atau speaker multimedia dengan kapabilitas reproduksi suara yang lebih bagus.
Penjelasan masing-masing jenis alat pemutar suara tersebut adalah sebagai berikut:
1. Speaker On Board Netbook
Kelebihan menggunakan speaker on board adalah tidak membutuhkan biaya tambahan karena speakernya sudah terpasang pada netbook. Tetapi kelemahan utama speaker on board adalah kapabilitas reproduksi suaranya yang terbatas: biasanya frekuensi rendah hampir tidak direproduksi dengan baik sehingga kualitas suara yang kita dengar terdengar “cempreng”. Kita bisa menggunakan speaker on board ketika benar-benar berada dalam keterbatasan; baik keterbatasan waktu atau keterbatasan finansial, atau ketika kita sudah harus menuangkan ide yang kita dapatkan dan belum memiliki speaker yang memadai.
2. Earphone/Headphone
Sepasang earphone atau headphone yang baik dapat menjadi solusi tahap selanjutnya. Earphone atau headphone sering digunakan oleh musisi profesional sekalipun untuk melakukan pekerjaannya ketika mereka dalam perjalanan atau mobilitas tinggi. Keuntungan menggunakan earphone atau headphone adalah biayanya lebih murah daripada speaker desktop atau speaker monitor, suara yang dihasilkan terdengar hanya oleh kita, dan memiliki portabilitas tinggi. Salah satu kelemahan earphone atau headphone adalah reproduksi medan stereo yang tidak alamiah dan juga kualitas suara yang masih dibawah speaker desktop atau monitor. Tetapi menurut pengalaman saya, menggunakan earphone atau headphone masih memiliki kualitas lebih bagus daripada speaker on board.
3. Speaker Multimedia
Speaker multimedia adalah speaker yang biasa digunakan untuk kebutuhan komputer sehari-hari. Biasanya speaker multimedia terdiri dari 2 buah speaker (kiri dan kanan) dan bisa juga termasuk sebuah subwoofer. Keuntungan menggunakan speaker multimedia adalah kualitas reproduksi yang paling bagus diantara ketiga pilihan alat pemutar suara, tetapi kelemahannya termasuk biaya yang lebih besar dan juga memiliki portabilitas rendah (stasioner).
Saya sendiri menggunakan speaker multimedia Altec Lansing BXR 1221. Speaker ini merupakan speaker 2.1: 2 buah speaker stereo dan 1 subwoofer. Saya memilih speaker multimedia dengan subwoofer karena memahami bahwa speaker 2.0 akan memiliki kelemahan di frekuensi rendahnya. Tetapi menggunakan subwoofer pun ada kelemahan tersendiri, karena bisa menghasilkan frekuensi rendah yang berlebihan.
Speaker desktop dan speaker monitor tentunya memiliki kualitas yang lebih bagus lagi, tetapi saya tidak membahasnya disini karena kedua jenis speaker tersebut biasanya membutuhkan biaya yang besar, yang berada di atas prasyarat Musisi Netbook. Tentunya, ada juga earphone dan headphone profesional dengan harga yang juga berada di atas batas anggaran untuk proyek membangun studio musik dengan netbook, yang bertujuan utama mendapatkan hasil maksimal dengan biaya yang (sangat) minimal.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Memilih Speaker Multimedia untuk Studio Musik Netbook Bisa Bermanfaat untuk kita semua.