Dasar-Dasar Membangun Studio Musik Berbasis Netbook

Perkembangan teknologi khususnya digital telah menyebabkan perubahan fundamental pada kebudayaan manusia, baik dari segi bagaimana kebudayaan itu dikonsumsikan maupun diciptakan. Musik sebagai salah satu karya kebudayaan yang paling populer, tentu sangat terpengaruhi oleh pembaruan teknologi, sehingga musik dapat dinikmati dan diciptakan dengan lebih cepat dan lebih murah. Sebagai hasil dari rendahnya batas upaya untuk menciptakan musik sebagai akibat kemajuan teknologi, kini terdapat lebih banyak pribadi yang tertarik untuk menghasilkan karya mereka melalui upaya yang mandiri.
Hingga beberapa dasawarsa yang lalu, musik hanya dapat diciptakan dan direkam dalam media analog, yaitu berbasis pita. Sistem produksi musik analog ini memiliki ciri khasnya sendiri, tetapi kelemahannya adalah kebutuhan ruang fisiknya yang besar (untuk menyimpan dan menggunakan pita) dan juga biaya produksi yang besar. Kemunculan teknologi digital (beserta dengan media hard disk) mampu menurunkan biaya produksi musik hingga menjadi sangat rendah: disini media analog pita diganti dengan media digital hard disk sebagai media rekam.
Komputer berfungsi sebagai terminal operasi utama, untuk mengoperasikan fungsi fungsi piranti lunak yang mendukung proses perekaman musik, termasuk diantaranya menggunakan piranti lunak yang disebut sebagai Digital Audio Workstation – piranti lunak yang khusus diciptakan untuk produksi musik menggunakan komputer. Perkembangan teknologi digital juga menghasilkan komputer-komputer yang semakin efisien dalam kemampuan menangani proses dengan harga yang semakin rendah. Netbook saat ini merupakan salah satu pilihan sistem komputasi yang sangat hemat dan punya daya mobilisasi tinggi, sehingga semakin dilirik oleh musisi yang ingin memproduksi karyanya dengan biaya yang rendah.
Tentunya sistem produksi musik berbasis netbook memiliki keterbatasan dan keunggulan tertentu. Elemen-elemen pendukung pun perlu dipertimbangkan untuk semakin melengkapi fasilitas produksi musik sehingga menjadi sistem yang selengkap mungkin. Semakin lengkap kombinasi piranti lunak dan piranti keras yang dimiliki, semakin luas ekspresi musik yang bisa dihasilkan.
Beberapa elemen utama sistem produksi musik (atau studio) berbasis netbook adalah:
1. Netbook. Tentunya sebagai komponen utama, memilih netbook pun perlu ada kriteria. Perkembangan netbook sangat cepat, sehingga teknologi yang sangat baru bulan ini, bisa jadi sudah teknologi biasa 6 bulan dari sekarang. Pilihlah netbook yang tepat dengan spesifikasi yang tepat dan pilihan OS yang tepat sebagai investasi Anda di masa depan.
2. Speaker/headphone. Untuk menghasilkan musik, kita butuh mendengar apa yang sedang kita buat. Speaker yang terpasang pada netbook itu sendiri bisa digunakan, tetapi memiliki nilai fungsi yang sangat terbatas. Disarankan untuk menambah sistem speaker terpisah, atau menggunakan headphone untuk mendengar karya kita (lebih bagus lagi bila memiliki keduanya).
3. Soundcard. Netbook sendiri telah memiliki soundcard yang terpasang pada motherboard, tetapi seperti speaker juga memiliki nilai fungsi terbatas (keduanya disebut onboard yaitu elemen yang sudah terpasang secara langsung pada netbook). Disarankan menambah soundcard terpisah, yang biasa disebut soundcard eksternal atau lebih tepatnya audio interface. Audio interface berfungsi meningkatkan kualitas suara yang kita dengar, juga menambah fasilitas dan kualitas rekam yang bisa dihasilkan.
4. Keyboard Controller. Musik biasa dimainkan menggunakan alat musik. Keyboard controller berfungsi untuk memainkan alat-alat musik dalam bentuk piranti lunak, dalam bentuk keyboard yang biasa kita mainkan sehari-hari. Menambah keyboard controller akan memudahkan dan mempercepat proses penciptaan karya kita.
Keempat elemen tersebut dapat ditambahkan satu per satu sesuai kebutuhan. Musik bisa diciptakan pada segala tingkat, termasuk hanya menggunakan netbook itu sendiri dan dibantu beberapa piranti lunak gratis! Mulailah menjelajah apa yang bisa Anda hasilkan dengan keterbatasan alat yang Anda miliki!

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Dasar-Dasar Membangun Studio Musik Berbasis Netbook Bisa Bermanfaat untuk kita semua.