• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Rabu, 07 September 2011

    Cara Mudah Format Disket Floppy / Drive A Melalui Windows dan Dos

    Untuk memformat disket floppy standar 3.5 inch dengan kapasitas 1,44 MB dapat dilakukan dengan beberapa cara mudah di bawah ini :
    1. Format Floppy Melalui Windows Explorer
    Untuk membuka windows explorer dengan mudah anda dapat menggunakan kombinasi tombol windows pada keyboard + huruf E dengan urutan menahan tombol windows kemudian disusul memencet tombol huruf e sekali saja.
    Setelah windown explorer muncul dengan folder tree, pastikan disket yang akan di format sudah ada di dalam drive flopi tanpa data atau dengan data yang tidak penting atau sudah di backup sebelumnya. Lalu klik kanan dengan mouse pada 3,5 floppy (A:) dan pilih format.

    Pada menu format anda bisa menentukan konfigurasi hasil format. Tetapi sebaiknya bagi anda yang awam gunakan seting format yang standard atau default saja. Setting standard yaitu size 1.44 MB 512 bytes per sektor dengan sistem FAT. Pilih quick format apabila anda ingin format cepat tanpa membuat system files baru atau pilih create ms-dos startup disk bila anda ingin membuat boot disk untuk melakukan booting dengan sistem opetasi microsoft dos. lalu pilih start untuk memulai format disket anda.
    Pastikan dalam disket anda tidak ada data penting yang belum dibackup, karena disket anda jika diformat akan kehilangan seluruh data.
    2. Melalui Floppy melalui Dos
    Cara menjalankan dos command prompt bisa dari
    - booting dari disket atau cd yang mengandung dos (bios di setting dulu)
    - dari start menu pada windows
    - dari start menu pilih run lalu ketik cmd lalu ok atau pencet enter
    kemudian setelah booting dos selesai anda bisa langsung format disket flopy anda dengan mengetik format a: lalu tekan enter. lalu pilih yes dengan mengetik y lalu enter. Setelah selesai format anda dapat memasukkan volume label untuk penamaan disket maksimal 11 karakter. Setelah itu selesai.
    Catatan :
    Mungkin hasil size dari disket anda tidak 1.44 mb tetapi sekitar kurang lebih 1.38 mb. Itu wajar saja. Sebaiknya tidak memformat disket menjadi kapasistas lebih dari 1.44 mb karena akan membuat disket tidak tahan lama dan mudah rusak.