Bikin Awet Kampas Kopling

Tahukah anda umur kampas kopling (clutch disc) dengan pemakaian normal bisa mencapai 4tahun? Bagaimana dengan usia kampas kopling kendaraan anda..? Berapa lama anda menggunakan kampas kopling anda?

Teman saya mengatakan tidak mungkin usia kampas kopling bisa sepanjang itu… mari kita hitung bersama pemakaian normal kendaran dalam setaun dapat menempuh jarak 10.000km. berarti dalam 40.000km barulah kita mengganti kampas kopling tersebut.

Namun ternyata ada yang pada usia 30.000km sudah mengganti kampas kopling.. kenapa? Jawabannya bukan semata-mata karena kualitas barang..namun lebih pada kesalahan selama mengemudi.

Berikut adalah kesalahan kecil yang memangkas usia pakai kampas kopling selama 1 tahun.

  1. Jangan menekan pedal setengah kopling karena beban yang diterima kampas besar, sehingga mengikis permukaan kampas kopling, dan mengakibatkan cepat aus. Contoh kesalahan yang biasa terjadi adalah dengan menggunakan setengah kopling pada saat berhenti dilampu merah dalam keadaan menanjak.. sebaiknya gunakan rem tangan dan netralkan persneling/transmisi.
  2. Lakukan perpindahan transmisi sehalus mungkin, misalnya pada saat pindah gigi naik (dari gigi 1 ke gigi 2 dst.) ataupun pada saat menurunkan gigi (dari gigi 5 ke gigi 4 dst.)
  3. Gunakan transmisi sesuai dengan kecepatan kendaraan yang tercantum pada buku service manual. Jangan menggunakan gigi tinggi pada kecepatan rendah. Contoh yang sering terjadi adalah pengemudi menggunakan gigi 3 dengan kecepatan hanya 30km/jam

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Bikin Awet Kampas Kopling Bisa Bermanfaat untuk kita semua.