10 Tips Sehat & Memiliki Tubuh Ideal [Gamer Edition]

Untuk kita yang hobi bermain game menjaga kesehatan kadang bukan merupakan prioritas, padahal tubuh kita yang banyak menghabiskan waktu di depan game akan rentan terhadap penyakit dan ancaman kesehatan lain seiring berjalannya waktu. Tentu rekan duniaku pernah membaca artikel tentang beberapa pemain yang sampai meninggal karena dedikasinya dalam bermain game [so sad]
Di dalam artikel ini dituliskan tips praktis yang bisa anda praktekkan untuk menjaga kesehatan [sambil terus bermain game pilihan kita]


#10. Perhatikan Waktu

Bermain game kesukaan kita kadang menghilangkan persepsi kita akan waktu yang berlalu, apalagi dengan stimuli game menantang yang ada di hadapan kita. Untuk menjaga kesehatan kita harus memastikan waktu yang kita habiskan untuk bermain game dan beraktivitas tidak melebihi 16 jam. Artinya jika anda bersekolah/ kuliah dari pagi sampai jam 5 sore, bermain game 2-3 jam sehari merupakan batas maksimal.
Catch me If You Can
Dengan membatasi jam bermain, kondisi keuangan anda akan lebih baik juga (khususnya yang bermain di warnet)


#9. Tidur Teratur [ dan cukup]

Sama seperti tips sebelumnya, gamer seperti kita kadang mempunyai waktu tidur yang tidak teratur, pastikan rekan duniaku.net cukup tidur (6-8 jam) sehari untuk memulihkan kondisi fisik dan konsentrasi (yang habis) pasca bermain game.
6-8 jam Sehari lebih baik
Oya, tidur cukup juga terbukti meningkatkan konsentrasi sehingga meningkatkan kemungkinan anda juara di game session berikutnya


#8. Makan dan Minum  [yang bergizi]

Aktifivas kita di depan komputer / konsole gaming favorit kita sering dianggap tidak membutuhkan energi yang besar. Kenyataannya adalah kebutuhan energi kita sembari bermain game adalah 150 kalori per jam (setara dengan pekerjaan kantor rata rata) http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/6376637.stm sehingga makanan yang bergizi (dan berkalori cukup) merupakan keharusan.
Makan Ginian Gan
Jangan lupa juga makan sayur, buah buahan dan susu.
Jangan sampai karena hanya ada makanan instan di sekitar kita, kita menjadikannya menu harian. Jika tiba waktu makan tinggalkan game dan makan makanan yang layak.



#7. Gunakan Perabot yang Ergonomis

Menghabiskan waktu berjam jam di depan game tentu melelahkan, oleh karena itu gunakan perabot yang didesain khusus untuk gamer. Perabot yang didesain khusus disamping menunjang kinerja gaming juga menjaga postur kita.
Wah Bakalan Nyaman Seharian
Untuk membeli perabot dan peralatan yang ergonomis duniaku.net merekomendasikan membelinya di hdshop.co.id atau gamequarters.net



#6. Istirahat Di Sela Sela Bermain

Selalu ambil break setiap 2-4 jam bermain untuk mengistirahatkan sejenak tubuh kita. Di saat istirahat lakukan senam ringan (mirip stretching) yang bertujuan mengembalikan kondisi vitalitas dan fisik yang tergerus serta mengindari kelelahan berkelanjutan.
Dilakukan Bareng lebih Rame
Gerakan senamnya bisa dilihat di http://sportsmedicine.about.com/cs/flexibility/a/aa040703a.htm. Senam ini juga bisa dilakukan sembari loading atau ngelag 



#5. Gunakan keyboard, controller dan monitor khusus gaming

Seringkali kita menganggap hanya gamer profesional yang membutuhkan alat khusus bermain seperti dibawah ini.
Memang Agak Mahal sih, tapi lebih baik buat anda
Untuk anda yang rutin bermain game alat khusus tersebut merupakan keharusan, desain khusus dari alat tersebut memang ditujukan selain untuk menunjang performa bermain juga dibuat senyaman mungkin dipakai, sehingga menunjang kesehatan.



#4. Berolahraga Teratur [yang Terukur]

Bagi rekan duniaku yang ingin mencapai level kesehatan yang lebih tinggi, penulis merekomendasikan untuk olahraga teratur. Alokasikan waktu libur rekan rekan untuk berolahraga di ruang terbuka atau di gym untuk hasil maksimal. Pastikan dalam setiap sesi olahraga selalu mencatat performa anda, di sesi berikutnya tingkatkan target anda.
Bisa dilakukan di Pintu Rumah Anda
Jika tidak sempat menyisihkan waktu, rekan rekan masih bisa berlatih olahraga sambil bermain game, tingga tiru saja ide kreatif ini.
Hehe, Jangan Jangan laptopnya tenaga Pancal itu


#3. Bermain Game Game yang sehat



Selain bagaimana orangnya yang bermain, Pilihan game juga bermanfaat akan kesehatan yang lebih baik, untuk tetap sehat tentu saja game game seperti kinect sport http://en.wikipedia.org/wiki/Kinect_Sports  atau banyak game game wii membantu rekan rekan duniaku untuk tetap sehat.



#2. Tetap berada dalam kehidupan sosial anda

Habiskan Quality Time Bersama Keluarga
Seringkali gamer hardcore [termasuk penulis(dulu)] tidak mempunyai kehidupan sosial pada saat fokus untuk bermain game, padahal kita sebagai makhluk sosial akan semakin sehat jika kehidupan sosial kita juga sehat. Terus bersosialisasi, terus kencan dan terus berada di sekitar orang yang anda cintai akan meningkatkan kondisi kesehatan anda.
Jangan sampai begini ya
Liat Mes*m Mes*m ya Mbak


#1. Tetap beribadah


Hal yang sering dilupakan oleh gamer (termasuk saya dulu) adalah beribadah, sering karena keasyikan kita bermain game (terutama online) kita tidak mengalokasikan waktu untuk beribadah. Bahkan sering saya dapati game center tidak memiliki ruang ibadah yang memadai.
Meninggalkan ibadah rupanya jamak terjadi pada semua rekan rekan saya bermain game yang berbeda agama serta keyakinan.Nilai plusnya dalam game? Well, siapa tahu meningkatkan success chance dalam “menempa”
+ 10 Beybeh
So, bagi kita game tidak ada alasan untuk tidak menjaga kesehatan dengan tips mudah ini.

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel 10 Tips Sehat & Memiliki Tubuh Ideal [Gamer Edition] Bisa Bermanfaat untuk kita semua.