Cara Praktis Belajar Komputer dan Internet

Fungsi Menu "Help" yang (Kerap) Terabaikan oleh Para Pengguna Komputer

Saat kamu memulai belajar suatu program atau berinternet ria (semua program apapun), ketahuilah bahwa suatu program diciptakan agar mudah diaplikasikan dan dioperasikan bagi semua orang. Kamu tidak perlu takut untuk memulai belajar komputer dari nol. Mengapa? Karena pasti setiap program aplikasi, apapun itu, telah dilengkapi dengan tata cara dan petunjuk dyang disertakan didalamnya dan semua itu "tersembunyi" dalam menu "Help".

Semua program telah dilengkapi dengan menu "Help" dan yang terletak di kanan atas menu Toolbar. Jadi apa lagi? Bila kamu kesulitan, cukup buka menu "Help". Memang banyak orang yang tidak menyadari (sebenarnya paham tahu dan paham betul bahwa Help disini berarti bantuan), tetapi amat jarang orang memanfaatkan secara optimal. Padahal disitu telah dituliskan semua hal tentang tata cara atau petunjuk pengoperasian mulai A hingga Z. Kenapa orang-orang jarang menggunakannya?? Apakah karena malas membaca?? Malas membaca?? Hmmm, bukankah menjalankan komputer harus disertai kemampuan membaca? Jadi apa ya??
Atau karena malas untuk sedikit memutar otak untuk memahami langkah-langkah yang diberikan pada menu bantuan tersebut? Bisa jadi itu kemungkinan pertama. Kemungkinan kedua adalah, tidak mengerti bahasa Inggris. Karena semua program sebagian besar ditulis dalam bahasa Inggris.
Wah, kalau sudah begini gimana ya??
Jadi kudu ikut kursus bahasa Inggris dulu dong sebelum belajar komputer dan internet?? Bukan, bukan begitu maksud saya. Tidak perlu pintar berbahasa Inggris untuk mengerti dan bisa mengoperasikan komputer. Tapi mengerti dan paham menjadi suatu nilai plus bagi siapa saja pengguna komputer. Jadi gimana dong??

Begini, bukankah kita sudah diajarkan bahasa Inggris di sekolah-sekolah. Kalau kamu bukan termasuk orang yang pintar untuk pelajaran bahasa Inggris di sekolah, mungkin dengan belajar komputer dan internet kamu bisa jadi lebih pintar berbahasa Inggris (minimal pasif). Nah loh, koq bisa?? Tentu saja, karena semuanya yang kamu hadapi mau tidak mau kebanyakan menggunakan bahasa Inggris.

Biar ngga bertele-tele, langsung saja..
Siapkan selalu kamus kapanpun kamu berurusan akan dengan komputer dan/atau internet (kamusnya usahakan kamus lengkap yah, yang tebal gitu...). Atau bagi kalian yang sudah memiliki kamus elektronik akan lebih praktis lagi. Kamus bukan hanya dibawa pada saat ada pelajaran Bahasa Inggris di sekolah atau sebagai penghias lemari (atau bahkan cuma untuk menggeplak kecoa yang suka iseng tour di kamar kamu). Setiap ada kalimat yang kamu belum paham saat "bermain" komputer, cari kata-kata pentingnya yang kamu ngga ngerti dan buka tuh kamus. Kemudian cari artinya.

Memang tidak gampang mengartikan dan mengertikan bagi kamu yang tidak biasa, apalagi bagi yang terlanjur menyepelekan bahasa Inggris. Sangat membosankan pada awalnya, bolak-balik buka kamus. Demi menambah pengetahuan semua itu lambat laun akan hilang bila semua diawali dengan niat untuk bisa. Yeaahh...!!!

Kembali ke menu "Help", gunakanlah menu yang telah disediakan tesebut semaksimal mungkin. Baik itu program yang biasa kamu pake buat tugas kamu di sekolah, seperti Ms Office (Word, Excel, Power Point, dsb) atau selagi kamu brosing di internet.
Daripada kamu beli buku panduan belajar komputer program belajar ini itu, mendingan uangnya dipake nabung. Kamu ngga perlu lagi pake buku-buku semacam itu. Tinggal buka bantuan dari menu "Help" pada program yang kamu jalankan, bila mengalami kesulitan cara mengoperasikan.
Coba aja dipraktekan pada program yang sama sekali belum pernah kamu pake. Cari petunjuk penggunaan dari menu "Help". Terapkan sedikit demi sedikit. Kamu akan selangkah lebih maju dalam menguasai aplikasi/program dibandingkan teman-teman kamu.

Oiya, saya punya tugas buat kamu, cari arti kata dari Default. Itu saja.

Berikut ada beberapa tips bagi para newbie yang ingin belajar komputer & internet dari pengalaman administrator :
1. Niat dan kesabaran (itu pasti)
2. Percaya akan kemampuan diri sendiri jangan takut salah.
3. Berpikirlah bahwa semua hal yang berhubungan dengan komputer, internet dan IT bukanlah suatu hal yang menakutkan, apalagi sulit dipelajari.
4. Perkaya kosa kata bahasa Inggris.
5. Baca, teliti dan mengertikan baik-baik yang tertera di layar komputer ketika "bermain" komputer atau nge-net.
6. Berpikirlah secara praktis. Mengertikan suatu perintah atau petunjuk dalam suatu aplikasi dengan selalu menyadari tujuan kamu menggunakan aplikasi yang bersangkutan.
7. Perhatikan secara seksama petunjuk dalam bentuk tulisan maupun icon-icon, karena akan sangat membantu memudahkan kamu dalam menjalankan aplikasi.
8. Selalu gunakan menu bantuan (help) apabila mengalami kesulitan. Temukan dan gunakan selalu kata kunci. Cari langkah sesuai keperluan dan jalankan hanya yang ingin dikerjakan. Lewati bagian dimana kamu tidak memerlukannya.
9. Ulangi dan ulangi lagi bila mengalami kegagalan, jadikan itu sebagai suatu tantangan yang harus dilewati...
10. Nikmatilah dan rasakan sensasinya...

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Cara Praktis Belajar Komputer dan Internet Bisa Bermanfaat untuk kita semua.