• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Selasa, 10 Mei 2011

    Trik Cara Mendeteksi dan Mengatasi Blue Screen Error pada Windows OS

    Blue Screen error pada komputer yang berbasis windows kadangkala terjadi karena berbagai sebab. Cara mendeteksi dan Mengatasi blue screen error pada komputer yang berbasis window ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Yang paling penting disini adalah Anda tidak perlu panik saat menghadapi blue screen error pada komputer Anda.

    Penyebab Blue screen error

    Kebanyakan, bule screen error ini terjadi karena missing file, adanya file yang corupt, ataupun  instalasi driver yang tidak kompatible dengan hardware yang terpasang sehingga menyebabkan masalah dalam kelancaran sistem operasi Windows. Dalam keadaan tersebut Windows tidak dapat menampilkan informasi rinci tentang kesalahan sehingga menyebabkan kondisi error yang harus ditentukan pada saat komputer telah reboot.

    Trik Cara mengatasi Blue Screen error pada komputer yang berbasis Windows:

    Cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan sebuah software yang bernama WhoCrashed. WhoCrashed adalah aplikasi sederhana yang memberitahu anda mengapa blues creen error itu terjadi, sehingga memungkinkan anda untuk mengatasi masalah tersebut.
    WhoCrashed juga merupakan aplikasi alat yang berguna untuk mendiagnosa PC anda yang tidak stabil dan dapat digunakan untuk menganalisa crash dumps untuk mencari kekurangan pada PC anda.
    Untuk membantu proses analisis saat menemui kesalahan sistem, copy semua Windows file yang ada di folrdero C:/ komputer Anda ke dalam sebuah folder yang bernama crash dump ‘(atau mini dump). Inilah yang akan dianalisis oleh WhoCrashed.
    Berikut tampilan interface dari WhoCrashed:

    whocrashed for blue screen error Trik Cara Mendeteksi dan Mengatasi Blue Screen Error pada Windows OS
    WhoCrashed Interface
    Dalam gambar di atas anda dapat melihat apa yang terjadi dan anda dapat memperbarui atau menginstal ulang driver untuk memperbaiki masalah.
    Jika anda tidak memiliki crash dumps pada komputer anda dan anda akan masih mengalami sistem crash, itu juga dapat memberikan petunjuk tentang alasan yang sama. Misalnya, crash bisa disebabkan oleh CPU overheating atau kegagalan dalam catu daya anda.
    Aplikasi WhoCrashed ini gratis dan mudah digunakan. Penggunaan aplikasi WhoCrashed ini membutuhkan hak akses administrator pada komputer dan hanya dengan satu klik pada tombol Analyze crash dump file aplikasi tersebut akan menganalisis dan menampilkan hasilnya.
    Anda dapat mendownload secara gratis aplikasi WhoCrashed ini mealui link berikut:
    http://www.resplendence.com/whocrashed
    Sekian Trik Mendeteksi dan Mengatasi Blue screen Error pada komputer yang berbasis Windows