• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Minggu, 22 Mei 2011

    Teknik RENDERING Part 1

    1. RENDER DESIGN
    Siapkan Objeknya gan,saya ambil contoh seperti ini:
    image www.ilmugrafis.com

    View > Render > Materials , Maka keluar sub menu seperti ini gan:
    image www.ilmugrafis.com

    > Creat new material
    Beri nama “tembok” > OK!
    > pada menu Maps > selec image

    Ambil gambar dari computer anda,biasanya di sini file nya:
    C:\Program Data\Autodesk\Autocad2010\R18.0\enu\Textures

    Jika tidak sama maka anda bias mencarinya sendiri di file Acad anda.
    Disini saya ambil contoh :
    Masonry.Unit.Masonry.Brick.Modular.Clinker

    > Apply material to Object > seleksi objeknya
    Maka objek tersebut telah menyerupai layaknya tembok yang belum di semen,seperti ini:
    image www.ilmugrafis.com

    Jika anda rasa skalanya terlalu besar,maka anda bisa mengaturnya di tab material offset & preview
    Untuk menemukanya, caranya anda cukup tarik kursor tab ke bawah. Atur skalanya sesuai keinginan.
    image www.ilmugrafis.com
    Jika merasa cukup pengaaturan sekalanya, jangan lupa untuk klik symbol gembok guna skalanya tidak berubah - ubah.

    Begitu pula untuk material yg selanjutnya gan untuk model yang sejenis, seperti kusen pintu/jendela, lemari kayu, bupet, or yg lainya.

    Untuk tehnik rendering yg lainya seperti kramik,paper,kaca,cermin,water,anda fokuskan ke pengaturan di tab Material Editor.
    Pilih criteria material di type dan Template

    Perhatikan petunjuk dibawah:
    image www.ilmugrafis.com

    Berikut contoh-contoh yg saya buat:
    image www.ilmugrafis.com