1. RENDER DESIGN
Siapkan Objeknya gan,saya ambil contoh seperti ini:
View > Render > Materials , Maka keluar sub menu seperti ini gan:
> Creat new material
Beri nama “tembok” > OK!
> pada menu Maps > selec image
Ambil gambar dari computer anda,biasanya di sini file nya:
C:\Program Data\Autodesk\Autocad2010\R18.0\enu\Textures
Jika tidak sama maka anda bias mencarinya sendiri di file Acad anda.
Disini saya ambil contoh :
Masonry.Unit.Masonry.Brick.Modular.Clinker
> Apply material to Object > seleksi objeknya
Maka objek tersebut telah menyerupai layaknya tembok yang belum di semen,seperti ini:
Jika anda rasa skalanya terlalu besar,maka anda bisa mengaturnya di tab material offset & preview
Untuk menemukanya, caranya anda cukup tarik kursor tab ke bawah. Atur skalanya sesuai keinginan.
Jika merasa cukup pengaaturan sekalanya, jangan lupa untuk klik symbol gembok guna skalanya tidak berubah - ubah.
Begitu pula untuk material yg selanjutnya gan untuk model yang sejenis, seperti kusen pintu/jendela, lemari kayu, bupet, or yg lainya.
Untuk tehnik rendering yg lainya seperti kramik,paper,kaca,cermin,water,anda fokuskan ke pengaturan di tab Material Editor.
Pilih criteria material di type dan Template
Perhatikan petunjuk dibawah:
Berikut contoh-contoh yg saya buat: