• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Minggu, 08 Mei 2011

    Merubah Ownership dan Permission File Menggunakan SSH

    Problem yang sering terjadi ketika usai melakukan transfer data antar server adalah masalah ownership file (CHOWN) dan grup (CHGRP). Secara default biasanya ownership dan grup file akan merujuk kepada user root atau nobody. Hal ini, khususnya jika Anda  yang menggunakan suPHP akan menimbulkan masalah pada website Anda. Berikut ini adalah command SSH untuk merubah ownership dan grup file - file Anda secara cepat.

    Meskipun dengan aplikasi seperti WinSCP merubah ownership dapat dilakukan dengan click kanan saja, namun jika file yang ingin diubah sangat banyak maka akan memakan waktu menunggu proses updatenya, dengan command SSH maka proses akan berlangsung seketika, berikut adalah command - commandnya.

    Misalnya user dan grup yang diinginkan adalah webcipta, maka pertama Anda masuk ke direktori tempat file - file yang ingin diubah (command cd):
    merubah seluruh ownership file: chown -R webcipta *
    merubah seluruh ownership dan grup file sekaligus langsung:  chown -R webcipta:webcipta *Maka seluruh file dan folder didalam direktori tersebut akan berubah ownershipnya menjadi ke webcipta


    Sedangkan untuk merubah permission dari satu file maka digunakan command chmod, misalnya file webcipta.php ingin diubah permissionnya menjadi 644:
    chmod 644 webcipta.php
    atau misalnya ingin merubah seluruh permission file dalam satu direktori pertama - tama Anda masuk ke direktori yang dimaksud (command cd) kemudian gunakan asteriks dan recursive untuk menandai seluruh file termasuk yang didalam folder, berikut misalnya ingin merubah massal seluruh permission menjadi 644::
    chmod -R 644 *

    Catatan Arti Angka Level Akses:
    0 - Tidak ada akses sama sekali
    1 - Hanya eksekusi saja
    2 - Hanya menulis / ubah saja 
    3 - Menulis / ubah dan eksekusi saja
    4 - Hanya  membaca saja
    5 - Membaca dan eksekusi
    6 - Membaca dan menulis / ubah
    7 - Membaca, menulis / ubah, dan mengeksekusi (diijinkan semua)


    sumber : webcipta.net