• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Minggu, 03 April 2011

    Nitrogen [N]

    Nitrogen [N]

    Karakteristik

    An: 7 N: 7
    Am: 14,0067 g / mol
    Kelompok No: 15
    Nama Grup: Pnictogen
    Blok: p-blok Periode: 2
    Negara: gas pada 298 K
    Warna: berwarna Klasifikasi: Non-logam
    Titik didih: 77.36K (-195,79 o C)
    Melting Point: 63.05K (-210,1 o C)
    Suhu Kritis: 126.2K (-146,9 o C)
    Kepadatan: 1.251g / l

    Discovery Informasi

    Siapa: Daniel Rutherford
    Ketika: 1772
    Dimana: Skotlandia / Swedia

    Nama Asal

    nitrogenium Latin, dimana nitrum (dari nitron Yunani) berarti "soda asli", dan gen berarti "membentuk". "Nitrogen" dalam berbagai bahasa.

    Sumber

    Nitrogen dapat dibuat oleh pencairan dan kemudian pecahan distilasi udara. Hal ini sangat mudah dilakukan secara komersial. Hal ini juga dapat dibuat dengan pemanasan NaN3 sampai 300 derajat C.
    Sekitar 44 juta ton diproduksi setiap tahunnya.

    Kelimpahan

    Universe: 1000 ppm (berat)
    Sun: 1000 ppm (berat)
    Karbon meteorit: 1400 ppm
    Kerak Bumi: 25 ppm
    Seawater: Atlantic surface: 8 x 10 -5 ppm; Atlantic deep: 2.7 x 10 -1 ppm; Pacific surface: 8 x 10 -5 ppm; Pacific deep: 5.4 x 10 -1 ppm
    Manusia: 2.6 x 10 7 ppb menurut beratnya; 1,2 x 10 7 ppb oleh atom

    Menggunakan

    Nitrogen memiliki banyak kegunaan industri dalam bentuk gas, tapi mungkin yang paling menarik adalah nitrogen cair, yang sangat dingin. Produk yang harus beku ke sangat suhu rendah untuk pengawetan sering disimpan dalam nitrogen cair. Klinik kesuburan menyimpan sperma, telur dan embrio digunakan untuk membantu pasangan tidak subur menjadi hamil dalam ampul dalam nitrogen cair. Karena gas nitrogen sangat stabil, pada suhu dan tekanan standar, digunakan sebagai udara di atmosfer inert pengelasan. Dokumen, makanan dan bahan kimia yang kadang-kadang disimpan dalam nitrogen untuk menjaga mereka dari oksidasi atau bereaksi dengan udara atau air.

    Catatan

    Nitrogen merupakan komponen terbesar dari atmosfer bumi (78,084% volume, 75,5% berat).
    Nitrogen dalam bentuk unsur dianggap inert dan bahkan bernama ozote yang mengacu pada fakta bahwa itu tidak reaktif. Tentu saja tidak nitrogen senyawa bentuk, tapi bentuk gas terdiri dari diamers (2 nitrogen terikat bersama). diamer sangat stabil.
    Nitrogen adalah unsur utama dalam senyawa organik, terutama protein. Beberapa senyawa nitrogen sangat reaktif. Trinitrotoluene adalah TNT atau dinamit. Amonium Nitrat adalah pupuk, tetapi digunakan sebagai bahan peledak utama dalam pemboman Kota Oklahoma. ANFO atau Amonium Nitrat dan campuran bahan bakar minyak adalah bahan peledak utama yang digunakan dalam industri pertambangan karena murah, mudah dibuat dan dapat dengan mudah dibuat di dekat lokasi tambang sehingga mengurangi risiko dan biaya yang berhubungan dengan transportasi bahan peledak. Nitrat, Nitrit dan azida (semua senyawa nitrogen baik oksidasi atau reactives dan akan bereaksi keras di bawah kondisi yang tepat.
    Ikatan tiga dalam nitrogen molekuler (N 2 ) merupakan salah satu yang terkuat di alam. Kesulitan yang dihasilkan dari konversi (N 2 ) menjadi senyawa lain, dan kemudahan (dan terkait melepaskan energi tinggi) untuk mengubah senyawa nitrogen menjadi N unsur 2 , telah mendominasi peran nitrogen di kedua alam dan kegiatan ekonomi manusia.

    Bahaya

    pelepasan cepat gas nitrogen ke dalam ruang tertutup bisa menggantikan oksigen, dan karena itu merupakan bahaya sesak napas. Nitrogen juga larut dalam aliran darah, dan dekompresi yang cepat (terutama dalam kasus penyelam mendaki terlalu cepat) dapat menyebabkan kondisi fatal yang disebut dekompresi sakit, ketika gelembung nitrogen terbentuk dalam aliran darah. Hal ini juga dapat menyebabkan narkosis nitrogen.


    Senyawa Nitrogen

    Chloramine NH 2 Cl
    Umum digunakan dalam konsentrasi rendah sebagai desinfektan dalam sistem air perkotaan sebagai alternatif untuk klorinasi. Air yang diolah dengan chloramine tidak memiliki bau klorin yang berbeda dari pengobatan gas dan memiliki rasa membaik.
    pemilik Aquarium harus menghapus chloramine dari air keran mereka karena merupakan racun bagi ikan. Banyak hewan yang sensitif terhadap chloramine dan itu harus disingkirkan dari air yang diberikan kepada banyak binatang di kebun binatang.
    Dinitrogen ferri N 2 O 4
    ferri dinitrogen adalah salah satu propelan roket yang paling penting yang pernah dikembangkan dan pada akhir 1950-an itu menjadi oxidizer storable pilihan bagi roket baik di Amerika Serikat dan Uni Soviet.
    Nitrat mengoksidasi NO: iritan:
    Ini adalah molekul sinyal penting dalam tubuh mamalia termasuk manusia, salah satu dari beberapa molekul gas sinyal dikenal. Ini juga merupakan polutan udara beracun yang dihasilkan oleh mesin mobil dan pembangkit listrik.
    Molekul nitrit oksida adalah radikal bebas, yang membuatnya sangat reaktif dan tidak stabil. Di udara, dengan cepat bereaksi dengan oksigen untuk membentuk nitrogen dioksida beracun (NO 2 ).
    Nitrat dioksida NO 2 : Sangat beracun:
    Ini adalah salah satu dari beberapa oksida nitrogen (Nox). jeruk ini / gas coklat memiliki karakteristik yang tajam, bau menggigit. NO 2 adalah salah satu polutan udara yang paling menonjol dan racun yang terhirup.
    Nitrogen triklorida NCL 3 : Explosive:
    A, kuning berminyak, cairan berbau menyengat, sering ditemukan sebagai produk sampingan dari reaksi kimia antara senyawa yang mengandung nitrogen dan klorin.
    triklorida Nitrogen yang sangat kuat eksplosif, sebuah ledakan yang melibatkan itu membutakan Sir Humphry Davy sementara, dan memaksa dia untuk mengambil Michael Faraday sebagai seorang pekerja. Ini sebagian karena beberapa pekerja junior Davy laboratorium baru saja dipecat karena berkelahi. triklorida Nitrogen sangat sensitif; itu akan meledak setelah terpapar suhu dingin atau panas, sinar matahari, atau zat organik seperti terpentin.
    Nitrogen triiodida NI 3
    Juga disebut iodida nitrogen, adalah senyawa sangat eksplosif nitrogen dan yodium. Ini adalah kontak peledak, dan jumlah kecil meledak dengan snap mesiu seperti bila disentuh oleh bahkan bulu, melepaskan awan volatile uap yodium.
    Sejumlah kecil triiodida nitrogen kadang-kadang disintesis sebagai demonstrasi untuk siswa kimia. Namun, karena senyawa tersebut sangat tidak stabil, belum digunakan dalam tutup peledak atau primer untuk bahan peledak.
    Alasan untuk ketidakstabilan itu disebabkan oleh perbedaan ukuran antara kedua jenis atom. Tiga atom yodium jauh lebih besar daripada atom nitrogen menahan mereka bersama-sama. Karena itu, tidak hanya merupakan ikatan antara inti di bawah tekanan banyak dan karena itu lebih lemah, tetapi elektron luar dari atom yodium yang berbeda sangat dekat, yang meningkatkan ketidakstabilan keseluruhan molekul.
    Nitrous Oxide N 2 The
    Dalam kondisi ruangan, itu adalah gas yang tidak mudah terbakar berwarna, dengan bau yang menyenangkan, sedikit-manis. Hal ini digunakan dalam operasi dan kedokteran gigi untuk efek anestesi dan analgesik, di mana ia dikenal sebagai gas ketawa karena efek euforia menghirup itu. Hal ini juga digunakan sebagai oksidator dalam mesin pembakaran internal. Nitrous oksida hadir dalam suasana di mana ia bertindak sebagai gas rumah kaca yang kuat.
    Gas ditemukan oleh Joseph Priestley pada tahun 1772, yang menyebutnya udara phlogisticated nitro (lihat phlogiston). Humphry Davy pada tahun 1790-an diuji gas pada dirinya dan beberapa temannya, termasuk penyair Samuel Taylor Coleridge dan Robert Southey. Mereka segera menyadari bahwa nitrous oxide jauh tumpul sensasi rasa sakit, bahkan jika inhaler masih setengah sadar. Dan sehingga mulai dipakai sebagai obat bius, terutama oleh dokter gigi, yang tidak biasanya memiliki akses ke jasa anestesi dan yang mungkin manfaat dari seorang pasien yang bisa merespon perintah verbal.
    Fosfat Urea CO (NH 2 ) 2 H 3 PO 4
    Hal ini dilakukan dengan mereaksikan urea dengan asam fosfat (H 3 PO 4 ). Hal ini kadang-kadang digunakan sebagai pupuk.
    Asam nitrat HNO 3
    Asam nitrat, atau dikenal sebagai aqua fortis atau semangat sendawa, adalah cairan, tidak berwarna korosif, asam beracun yang dapat menyebabkan luka bakar. Jika solusi yang berisi lebih dari 86% asam nitrat, ini disebut sebagai asam nitrat berasap, dan dapat dipisahkan menjadi dua jenis asam marah, asam nitrat berasap putih dan asam nitrat berasap merah.
    Umumnya digunakan sebagai pereaksi laboratorium, asam nitrat digunakan dalam pembuatan bahan peledak seperti nitrogliserin, trinitrotoluene (TNT) dan Cyclotrimethylenetrinitramine (RDX), serta pupuk seperti amonium nitrat.
    Ini telah menggunakan tambahan dalam metalurgi dan pemurnian karena bereaksi dengan logam sebagian besar, dan dalam sintesis organik. Ketika dikombinasikan dengan asam klorida, membentuk regia aqua, salah satu dari beberapa reagen mampu melarutkan emas dan platina.

    Reaksi Nitrogen

    Dalam kondisi normal nitrogen tidak akan bereaksi dengan udara, air, halogen, asam atau basa.

    Terjadinya Nitrogen

    Nitrogen merupakan komponen terbesar dari atmosfer bumi (78,082% dengan volume udara kering, 75,3% menurut beratnya di udara kering).
    14N dibuat sebagai bagian dari proses fusi di bintang-bintang, dan diperkirakan menjadi 7 paling banyak unsur kimia (oleh massa) di alam semesta kita.
    Senyawa yang mengandung unsur ini telah diamati oleh para astronom, dan nitrogen molekuler telah terdeteksi di ruang antar bintang oleh David Knauth dan rekan kerja menggunakan Jauh spektroskopi Ultraviolet Explorer. Molekul nitrogen adalah unsur utama dari atmosfer tebal Titan, dan terjadi dalam jumlah jejak atmosfer planet lain.
    Nitrogen hadir dalam semua jaringan hidup seperti protein, asam nukleat dan molekul lainnya. Ini adalah komponen besar kotoran hewan (misalnya, guano), biasanya dalam bentuk urea, asam urat, dan senyawa dari produk ini nitrogen.

    Isotop Nitrogen

    13 N [6 neutron]
    Kelimpahan: sintetis
    Setengah hidup: 9,965 menit [Electron Capture]
    Decay Energi: 2,220 MeV
    Meluruh ke 13 C.
    14 N [7 neutron]
    Kelimpahan: 99,634%
    Stabil dengan 7 neutron
    15 N [8 neutron]
    Kelimpahan: 0,366%
    Stabil dengan 8 neutron