• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Minggu, 03 April 2011

    IKATAN ION

    IKATAN ION

    Ikatan ion sering juga disebut dengan ikatan elektrovalen atau heteropolar. Ikatan ion terjadi akibat terjadinya gaya tarik menarik ion positif dan ion negatif. Ikatan ion dibentuk antara atom yang mudah melepaskan elektron dengan atom yang mudah menangkap elektron. Apabila atom netral melepaskan elektron, akan terbentuk ion positifm sebaliknya, apabila atom netral menerima atau menangkap elektron, maka akan terbentuk ion negatif.
    a. Pembentukan ion positif
    Ion positif terbentuk karena suatu atom melepaskan elektron. Atom yang cendrung melepaskan elektron adalah atom unsur logam. Oleh karena itu, unsur logam disebut elektron positif. Unsur logam golongan utama cendrung melepaskan elektron valensinya agar konfigurasi elektron valensinya sesuai dengan konfigurasi elektron gas mulia.
    Contoh :
    b. Pembentukan ion negatif
    Ion negatif terbentuk karena suatu atom menerima elektron. Atom yang cendrung menerima elektron adalah atom unsur nonlogam. Karena unsur nonlogam cendrung membentuk ikatan negatif, unsur nonlogam disebut unsur elektronegatif. Secara umum, banyaknya elektron yang diterima oleh unsur nonlogam adalah sebanyak kekurangannya agar sesuai dengan konfigurasi elektron gas mulia terdekat.
    Contoh :