• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Minggu, 10 April 2011

    Cara Membuat Sub Domain Sendiri

    Daripada bosan dengan sub domain yang diberikan Blogger seperti http://anda.blogspot.com, kita buat sendiri aja menurut domain yang sudah kita beli. Jadi lebih asyik dan keren. Nah, gimana dulu sub domain itu? Mungkin bagi anda yang belum tau, istilah ini masih asing. Daripada arti yang terlalu bertele-tele, langsung contohnya saja, yaitu:
    http://relaxtionship.ardi33.web.id/
    Sub domain tersebut aktif kok, coba saja buka, hehe (promosi mode: on). Oke, dengan sub domain ini kita bisa memisahkan kategori atau tema tapi masih dalam satu domain. Misal anda ingin berbagi tentang kesehatan, maka anda bisa menggunakan sub domain http://health.domainku.com/ atau http://kesehatan.domainku.web.id/ dan lain sebagainya.
    Cara membuatnya sangat mudah dan tidak susah (sama aja lah), tinggal memasang record CNAME pada DNS manager domain anda. Untuk tutorial ini, saya akan menggunakan DNSpark.net karena saya menggunakannya untuk DNS hosting. Berikut langkahnya:
    1. Login ke DNSpark.net
    2. Klik domain anda yang ada pada bawah kiri layar, berikut detailnya:
      Cara Membuat Sub Domain Sendiri
    3. Isi alamat sub domain anda, kemudian pilih type CNAME dengan destination name ke ghs.google.com, perhatikan gambar berikut ini:
      Cara Membuat Sub Domain Sendiri
    4. Selesai
    Langkah selanjutnya, anda hanya tinggal memasangnya di Blog anda, caranya:
    1. Login – Setting – Publishing
    2. Klik Custom Domain dan klik Switch to advanced settingsCara Membuat Sub Domain Sendiri
    3. Ketikkan alamat sub domain anda tadi pada kotak yang disediakan, tulis kode verifikasi kemudian klik Save Settings
    Sangat mudah bukan? Selain itu, trik ini berjalan pada domain gratis seperti Co.Cc karena Co.Cc support pada CNAME records. Dengan menggunakan cara ini kita dapat memperoleh satu manfaat, yaitu blog yang menggunakan sub domain, alexa rank-nya sama dengan domain utama, jika anda tidak percaya, silakan saja cek sendiri. Ini bisa kita manfaatkan untuk pengembangan bisnis atau yang lain sesuai kebutuhan. Oke, sampai di sini tutornya, semoga bermanfaat.