• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Sabtu, 05 Maret 2011

    Soal Usaha


    1. Ketika anda mendorong sebuah tembok sekuat tenaga hingga bermandikan keringat, tetapi tembok tersebut tidak bergerak. Apakah anda melakukan usaha ? jelaskan ! (level 1)
    2. Kapan sebuah gaya dikatakan melakukan usaha ? jelaskan (level 1)
    3. Bagaimana hubungan antara usaha dengan gaya dan perpindahan ? (level 1)
    4. Sebuah peti kemas bermassa 50 kg yang terletak pada lantai ditarik horisontal sejauh 2 meter dengan gaya 200 N oleh seorang buruh pelabuhan. Hitunglah usaha total yang dilakukan terhadap peti kemas tersebut. (level 2)
    5. Seorang anak menarik sebuah mobil mainan menggunakan tali dengan gaya sebesar 20 N. Tali tersebut membentuk sudut 30o terhadap permukaan tanah. Jika mobil mainan berpindah sejauh 5 meter, berapakah usaha yang dilakukan anak tersebut ? (level 2)
    6. Berapa usaha yang dilakukan seseorang ketika mengangkat benda bermassa 4 kg setinggi 2 meter ? (level 2)
    7. Buah mangga yang lezat sedang menggelayut pada tangkainya yang berada pada ketinggian 10 meter. Hitung usaha total yang bekerja pada buah mangga ketika jatuh ke permukaan tanah ! g = 10 m/s2 (level 2)
    8. Sebuah balok bermassa 5 kg didorong ke atas sejajar bidang miring dengan gaya sebesar 100 N. Jika balok berpindah sejauh 10 meter, berapa usaha total yang dilakukan oleh resultan gaya yang bekerja pada balok itu ? g = 10 m/s2. Abaikan gesekan. (level 3)
    9. Sebuah balok bermassa 10 kg meluncur ke bawah sejajar bidang miring. Koofisien gesekan antara balok dan permukaan bidang miring adalah 0,2. Jika jarak AB = 4 meter dan BC = 3 meter, berapa usaha total yang bekerja pada balok itu ? g = 10 m/s2. (level 3)