• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Sabtu, 05 Maret 2011

    Soal Momentum Sudut

    1.  Misalnya dirimu sedang berdiri di tepi sebuah piringan putar yang sedang berotasi. Apa yang terjadi jika dirimu berjalan menuju sumbu rotasi ? jelaskan… (level 1)
    2.  Mengapa para pemain akrobat biasanya membawa galah panjang ketika sedang berjalan di atas tali ? jelaskan… (level 1)
    3.  Mengapa lebih mudah melakukan sit-up dengan tangan terentang di samping tubuh daripada dengan tangan terentang di belakang kepala ? (level 1)
    4.  Gunung es di kutub berisi sekitar 2,3 x 1019 kg es. Jika semua es mencair dan menyebar secara merata ke seluruh permukaan bumi, perkirakan perubahan panjang hari yang terjadi… Momen inersia kulit bola = 2/3 MR2. Massa bumi = 5,97 x 1024 kg dan jari-jari (rata-rata) = 6,38 x 103 km… (level 2)
    5.  Seseorang bermassa 60 kg berjalan dari tengah menuju tepi piringan yang berputar tanpa gesekan dengan kecepatan sudut 5 rad/s. Jari-jari piringan = 5 meter dan momen inersia piringan = 1000 kgm2.
    6.  Hitung kecepatan sudut piringan ketika orang tersebut tiba di tepi…
    7.  Bandingkan energi kinetik rotasi piringan, ketika orang tersebut berada di tengah dan di tepi piringan (level 2)
    8.  Sebuah piringan putar berdiameter 6 meter dan memiliki momen inersia sebesar 2000 kgm2 sedang berotasi dengan kecepatan sudut 2 rad/s. Tentukan kecepatan sudut piringan putar jika seseorang menaiki tepi piringan putar tersebut… Jika orang tersebut meloncat ke tanah, apakah kecepatan sudut piringan bisa kembali seperti semula ? (level 2)
    9.  Tentukan momentum sudut bumi :
    • Di sekitar sumbu rotasi (anggap saja bumi merupakan bola pejal
    • Pada orbitnya mengelilingi matahari
    Massa bumi = 6 x 1024 kg, jari-jari = 6,4 x 106 m dan jarak bumi-matahari = 1,5 x 108 km