Soal “Momentum dan Impuls”


1. Sebuah mobil bermassa 2000 kg sedang diparkir dipinggir jalan. Berapakah momentum mobil tersebut ? (level 1)
2. Dua mobil, yakni mobil A dan mobil B bergerak dengan kecepatan yang sama. Mobil manakah yang memiliki momentum lebih besar ? jelaskan dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan (level 1)
3. Apakah gaya total memiliki hubungan dengan momentum ? jelaskan (level 1)
4. Bilamana hukum II Newton versi momentum digunakan ? (level 1)
5. Bagaimana hubungan antara momentum dan impuls ? (level 1)
6. Sebuah mobil bermassa 2500 kg sedang bergerak dengan kecepatan 20 m/s. Berapakah momentum mobil tersebut ? (level 2)
7. Sebuah sepeda motor mula-mula diam. Setelah 10 detik sepeda motor tersebut bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Jika massa sepeda motor dan pengendaranya 200 kg, berapakah gaya total yang bekerja pada sepeda motor tersebut ? (level 2)
8. Seorang petinju memukul lawannya dengan gaya impuls sebesar 50 N. Jika selang waktu kontak antara tangan (sarung tinju) dengan tubuh lawannya 2 detik, berapakah impuls yang dikerjakan petinju tersebut ? (level 2)
9. Abang ronaldinho menendang bola sepak bermassa 0,2 kg sehingga bola sepak yang pada mulanya diam bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Apabila kaki abang ronaldinho dan bola sepak bersentuhan selama 0,01 sekon, tentukan besar gaya impuls. Bagaimana jika selang waktu kontak antara kaki abang ronaldinho dan bola sepak 0,1 sekon ? (level 2)
10. Sebuah batu bermassa 0,2 kg mula-mula diam. Seorang cowok yang sedang pusing karena diputus pacar menendang batu tersebut hingga batu bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Jika kaki cowok tersebut bersentuhan dengan batu selama 2 detik, tentukan besar gaya impuls. Hitung juga percepatan batu tersebut (level 2)


Anda Telah Membaca Soal “Momentum dan Impuls”

Semoga Artikel Soal “Momentum dan Impuls” Bisa Bermanfaat untuk kita semua. Jika Ada Hal yang ingin ditanyakan, Silahkan Komentar atau Hubungi kami via Web Chat yang tersedia