Soal “Momentum dan Impuls”


1. Sebuah mobil bermassa 2000 kg sedang diparkir dipinggir jalan. Berapakah momentum mobil tersebut ? (level 1)
2. Dua mobil, yakni mobil A dan mobil B bergerak dengan kecepatan yang sama. Mobil manakah yang memiliki momentum lebih besar ? jelaskan dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan (level 1)
3. Apakah gaya total memiliki hubungan dengan momentum ? jelaskan (level 1)
4. Bilamana hukum II Newton versi momentum digunakan ? (level 1)
5. Bagaimana hubungan antara momentum dan impuls ? (level 1)
6. Sebuah mobil bermassa 2500 kg sedang bergerak dengan kecepatan 20 m/s. Berapakah momentum mobil tersebut ? (level 2)
7. Sebuah sepeda motor mula-mula diam. Setelah 10 detik sepeda motor tersebut bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Jika massa sepeda motor dan pengendaranya 200 kg, berapakah gaya total yang bekerja pada sepeda motor tersebut ? (level 2)
8. Seorang petinju memukul lawannya dengan gaya impuls sebesar 50 N. Jika selang waktu kontak antara tangan (sarung tinju) dengan tubuh lawannya 2 detik, berapakah impuls yang dikerjakan petinju tersebut ? (level 2)
9. Abang ronaldinho menendang bola sepak bermassa 0,2 kg sehingga bola sepak yang pada mulanya diam bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Apabila kaki abang ronaldinho dan bola sepak bersentuhan selama 0,01 sekon, tentukan besar gaya impuls. Bagaimana jika selang waktu kontak antara kaki abang ronaldinho dan bola sepak 0,1 sekon ? (level 2)
10. Sebuah batu bermassa 0,2 kg mula-mula diam. Seorang cowok yang sedang pusing karena diputus pacar menendang batu tersebut hingga batu bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Jika kaki cowok tersebut bersentuhan dengan batu selama 2 detik, tentukan besar gaya impuls. Hitung juga percepatan batu tersebut (level 2)