• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Sabtu, 05 Maret 2011

    Soal Hukum Newton tentang Gravitasi



    1. Hukum Gravitasi Universal menyatakan bahwa semua benda di alam semesta menarik semua benda lainnya. Buktikan kebenaran pernyataan ini ! (level 1)
    2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi gaya gravitasi antara dua benda ? (level 1)
    3. Seorang temanmu yang berbadan gendut sedang berada pada jarak 10 meter dari dirimu. Jika massa temanmu 80 kg dan massa dirimu 50 kg, berapa besar gaya gravitasi yang bekerja antara dirimu dan dirinya ? (level 2)
    4. Bagaimana caranya menghitung massa bumi ? maukah dirimu membantu diriku menghitung massa bumi ? (level 2)
    5. Percepatan gravitasi bumi secara rata-rata bernilai 9,8 m/s2. Bisakah kita menghitung (bukan mengukur) percepatan gravitasi bumi ? jika bisa, bagaimana caranya ? (level 2)
    6. Kemarin gurumuda jalan-jalan ke puncak sebuah gunung yang tingginya 4000 meter. Gurumuda sempat menjatuhkan sebuah batu ketika berada di puncak gunung tersebut. Berapa percepatan awal batu tersebut ketika jatuh bebas ? (level 2)
    7. Pada ketinggian berapa di atas permukaan bumi, percepatan gravitasi bumi berkurang 50 % dibandingkan di permukaan bumi ? (level 3)
    8. Pada jarak berapa dari permukaan bumi sebuah pesawat luar angkasa yang sedang menuju ke bulan mengalami gaya total nol akibat adanya gaya tarik bumi dan bulan yang besarnya sama tapi berlawanan arah ? (level 3)
    9. Berapakah kira-kira gaya tarik gravitasi di antara seorang kakek dan nenek pada jarak 20 meter ? bagaimana ketika mereka berpelukan ? bandingkan dengan berat badan kakek dan nenek tersebut (level 3)
    10. Pada ketinggian berapakah di atas permukaan bumi percepatan gravitasi bernilai nol ? (level 1)
    Soal ini sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu. Nanti jawabannya dikoreksi…