• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Sabtu, 05 Maret 2011

    Soal “Hukum Kekekalan Momentum”


    1. Bilamana momentum benda yang bertumbukan bersifat kekal ? (level 1)
    2. Seandainya dirimu melompat dari ketinggian tertentu menuju permukaan tanah. Apa yang terjadi dengan momentum ketika dirimu mendarat ? (level 1)
    3. Katanya prinsip peluncuran roket memanfaatkan hukum kekekalan momentum. Benarkah ? Jika benar, maukah dirimu menjelaskan bagaimana roket bisa bergerak ? (level 1)
    4. Dua mobil, sebut saja mobil A dan mobil B masing-masing bermassa 1000 kg. kedua mobil tersebut sedang bergerak saling mendekati, di mana mobil A bergerak dengan kecepatan 10 m/s sedangkan mobil B bergerak dengan kecepatan 20 m/s. berapakah jumlah momentum mobil A dan mobil B ? (level 2)
    5. Sebutir peluru bermassa 0,2 kg ditembakan dari ujung pistol dengan kecepatan 200 m/s. jika massa pistol 0,5 kg, berapakah kecepatan peluru ketika mendorong tangan penembak ? (level 2)
    6. Sebuah mobil bermassa 1000 kg bergerak dengan laju 50 km/jam. Mobil tersebut menabrak mobil di depannya. Keduanya bersatu dan bergerak dengan laju 20 km/jam. Berapakah massa mobil yang ditabrak ? (level 2)
    7. Seseorang bermassa 50 kg sedang berdiri di atas permukaan lantai yang sangat licin. Orang tersebut melempar batu bermassa 0,2 kg pada arah horizontal dengan kelajuan 10 m/s. berapakah laju dan arah gerakan orang tersebut setelah melempar batu ? (level 2)
    8. Sebuah taxi bermassa 2000 kg sedang bergerak dengan laju 20 m/s. taxi tersebut menabrak sebuah sedan yang bergerak dengan arah berlawanan. Setelah bertabrakan, kedua kendaraan tersebut berhenti. Berapakah laju sedan sebelum tabrakan ?